alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Kisah Tanah Jawa; Gali Mitos dan Mistis di Tanah Jawa

18 Februari 2020, 15: 59: 40 WIB | editor : Agung Nugroho

KISAH TANAH JAWA: Bonaventura Genta (dua dari kiri) dan Christian Banisrael (kiri) menandatangani buku yang dibeli penggemarnya.

KISAH TANAH JAWA: Bonaventura Genta (dua dari kiri) dan Christian Banisrael (kiri) menandatangani buku yang dibeli penggemarnya. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Cerita horor bisa menimbulkan perasaan takut, bahkan trauma pada sejumlah orang. Namun, penggemar cerita horor justru selalu menanti-nantikan konten horor untuk menguji nyali diri dan memberi kepuasan batin.

Bonaventura Genta dan Christian Banisrael berkolaborasi dengan beberapa kawan lainnya membuat konten horor yang mengulik mitos sejarah dan mistis yang ada di Pulau Jawa.

Kemudian dibagikan di media sosial. Tak jarang kisah-kisah mereka jadi trending di Youtube dan Twitter. Kini, cerita-cerita horor yang dekat dengan masyarakat ini bisa dinikmati dalam bentuk buku.

"Buku Kisah Tanah Jawa ini mengambil cerita dari mitos, kepercayaan, legenda yang ada di Jawa yang berdasarkan konon katanya. Nah, buku ini menjawab mitos dan mistis yang ada di Jawa," terang Genta di Surabaya, kemarin.

Genta dan Christian terjun langsung ke lokasi cerita itu berasal. Di antaranya, Blitar, Klaten, dan Jakarta. "Kami juga tanya ke narasumber yang bersangkutan," ujarnya.

Menurut Genta, penggarapan buku Kisah Tanah Jawa ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 1-2 bulan. Dengan total 90-100 kisah tragis di masa lalu. "Hingga saat ini pun masih ada kepercayaan Kejawen. Hal ini membuktikan bahwa tingkat spiritual pada masa lalu sangat tinggi," katanya.

Menurut Genta, setiap konten harus disajikan dengan story telling yang baik. Deskripsinya dibuat secara detail seluk beluk dunia lain itu. "Tantangannya bagaimana menggambarkan itu agar masuk di logika pembaca," katanya. (cin/rek)

(sb/cin/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia