alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Ekonomi Sidoarjo
icon featured
Ekonomi Sidoarjo

Tekan Angka Pengangguran dengan Pelatihan Kewirausahaan

18 Februari 2020, 15: 24: 06 WIB | editor : Agung Nugroho

TINGKATKAN PEREKONOMIAN: Pelatihan kewirausahaan bagi 100 pemuda di GOR Tenis Indoor, Senin (17/2).

TINGKATKAN PEREKONOMIAN: Pelatihan kewirausahaan bagi 100 pemuda di GOR Tenis Indoor, Senin (17/2). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Ahmad Ruli Firmansyah sangat serius mendengar instruksi dari Chef Sulianto. Ia fokus menuang bahan membuat muffin kemarin (17/2). Pemuda asal Jabon itu bercita-cita ingin meneruskan usaha kue yang sudah dijalankan sang ibu delapan tahun belakangan.

"Tambah ilmu, biar kue yang dijual lebih variatif," ujarnya.

Selain muffin, Ruli bersama 99 pemuda se-Sidoarjo juga belajar membuat pizza. Total 100 pemuda terpilih untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo.

Kabid Kepemudaan Disporapar Sidoarjo Didik Triwahyudi melihat banyak pemuda di Sidoarjo yang berminat membuka usaha di bidang bakery dan pastry. Materi pelatihan yang diterima oleh peserta berupa pelatihan olahan makanan dalam bentuk bakery. Hal ini diberikan mengingat pada saat ini sentra kuliner sangat digandungi masyarakat. Seperti warkop maupun kafe yang saat ini banyak bermunculan pada setiap sudut di wilayah Sidoarjo.

Mereka dilatih oleh chef profesional. Selesai pelatihan mereka mendapat sertifikat kompetensi. "Selepas kursus, mereka bisa buka usaha sendiri atau bekerja di tempat usaha kuliner," kata Didik. Dispora menargetkan bisa mencetak 1.000 wirausahawan muda setiap tahunnya.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menyampaikan, ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran. Hal itu berdampak pada pembangunan sosial ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu. “Untuk itu salah satu upaya yang dilakukan untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan,” tegasnya. (rpp/vga)

(sb/rpp/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia