alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Segera Membuka Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara

17 Februari 2020, 17: 14: 35 WIB | editor : Agung Nugroho

KPU Segera Membuka Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara

SIDOARJO-KPU Sidoarjo resmi mengumumkan rangking 10 besar nama-nama calon panitia pemilihan kecamatan (PPK). Kini perekrutan badan Ad Hoc bakal terus berlanjut. Rencananya, KPU bakal segera membuka rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS).

Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak mengatakan, ada sejumlah persyaratan bagi calon pendaftar PPS. Di antaranya, sehat jasmani dan rohani serta bebas dari penyelenggaraan narkotika. Iskak mengatakn, ada sekitar 26 puskemas yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kami sudah MoU dengan pemkab, nanti cek kesehatannya gratis di 26 puskesmas,” katanya.

Sejumlah persyaratan lainnya hampir sama dengan persyaratan rekrutmen PPK. Di antaranya bukan anggota atau pengurus partai politik (Parpol). Berpendidikan paling rendah di tingkat sekolah lanjuta tingkat atas (SLTA), hingga tidak pernah menjadi anggota PPS dua periode berturut-turut.

Proses pendaftaran dan penyerahan berkas bakal dimulai pada 18 hingga 24 Februari nanti. Menurut Iskak, ada sejumlah cara dalam menyerahkan persyaratan pendaftaran. Di anataranya dengan menyerahkan langsung ke kantor KPU, hingga melalui surat elektronik (surel).

“Bisa juga lewat jasa pengiriman atau melalui kantor kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini KPU Sidoarjo masih membuka tanggapan terhadap 10 besar nama calon PPK. Masyarakat dapat menyampaikan tanggapannya paling lambat 21 Februari nanti. Di sisi lain, 19 hingga 23 Feburai nanti, KPU juga mulai membuka pendaftaran calon perseorangan.

“Jadwalnya memang padat, seiring masa pilkada yang juga semakin dekat,” jelasnya. (far/nis)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP