alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik

Tes CPNS, BKD: Nilai Sama Semua Bisa Lanjut ke SKB

16 Februari 2020, 05: 43: 11 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik memastikan peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) yang memiliki nilai sama bisa lanjut ke seleksi kompetensi bidang (SKB). Asalkan, nilai di semua jenis tes juga sama. 

Hal ini seperti yang disampaikan Kabid Data dan Informasi BKD Gresik, Bahagiyo Santoso. Menurut dia, kalau Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan  Kebangsaan (TWK) sama, maka kedua peserta bisa ikut SKB. 

“Jika ada peserta  yang memperoleh nilai SKD sama pada tiga komponen itu dan masih pada ambang batas jumlah kebutuhan formasi, maka keduanya akan diloloskan ke tahap selanjutnya,” jelasnya. 

Namun, bila salah satu dari peserta memiliki nilai TKP lebih besar, maka itu yang lolos ke tahap SKB. “Yang jelas kalau ada nilai sama, kami lihat TKP. Kalau masih sama kami lihat TIU dan kalau masih sama kami lihat TWK. Satu saja ada yang berbeda maka yang nilai tertinggi itu yang lolos tahap selanjutnya,” ungkap dia.

Dia juga menambahkan, selain hal di atas,  kelulusan itu juga berdasarkan passing grade (PG). Hanya saja, meski ada peserta yang melampaui PG, berdasarkan aturan peserta itu tak bisa serta merta dinyatakan lolos dan mengikuti tahap selanjutnya. 

“Sebab nilai peserta SKD akan diolah terdahulu mengingat satu formasi tidak dilamar oleh satu titik lokasi (Tilok). Sehingga harus digabungkan dengan hasil SKD pelamar dari berbagai titik. Aturan itu sudah tercantum dalam PANRB Nomor 24 Tahun 2019,” pungkasnya. (yua/rof)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia