alexametrics
Minggu, 29 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Pelayanan Kartu Identitas Anak Hanya Dilaksanakan Di Dispendukcapil

14 Februari 2020, 18: 52: 07 WIB | editor : Agung Nugroho

SENANG: Salah satu anak saat mendapat KIA.

SENANG: Salah satu anak saat mendapat KIA. (IST)

Share this      

SIDOARJO-Meningkatnya angka kelahiran membuat permintaan Kartu Identitas Anak (KIA) di Sidoarjo juga meningkat. Namun demikian, tak semua lokasi pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dapat melayani pemohon KIA. Sebab, pelayanan KIA sendiri hanya dilakukan di kantor Dispendukcapil Sidoarjo.

Plt Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Reddy Kusuma menjelaskan, jika pelayanan KIA sendiri hanya bisa dilakukan di kantor dispendukcapil Sidoarjo. Sedangkan pelayanan di kantor kecamatan dan Mal Pelayanan Publik (MPP) saat ini belum dapat memberikan pelayanan untuk itu.

“Kalau KIA silahkan datang langsung ke kantor dipendukcapil,” katanya.

Menurutnya, pemohon KIA sendiri memang cukup banyak. Sebab, selain berfungsi sebagai identitas anak, kartu itu juga dapat digunakan ketika pendaftaran sekolah. Bahkan kartu yang mirip dengan e-KTP itu dapat digunakan ketika sedang perjalanan, baik di dalam maupun luar kota.

Sehingga, mereka tak perlu repot-repot membawa foto copy Kartu Keluarga (KK) atau akta kelahiran. Kartu dengan dominan warna pink itu juga berfungsi sebagai pengganti e-KTP. Reddy menjelaskan, jika KIA dapat diberikan kepada anak yang berumur 0 hingga 17 tahun.

“Ada banyak fungsinya, bisa untuk membuka tabungan juga,” ujarnya.

Kasi Inovasi Dispendukcapil Sidoarjo Latifa Indira Dewi menuturkan, kendati pelayanan hanya dilakukan di kantor dipendukcapil, namun formulir KIA dapat diambil di kantor kecamatan. Yang peling penting ketika melakukan permohonan, sejumlah syarat harus dipenuhi. Termasuk legalisir surat nikah dari KUA.

“Kita juga buka saat weekend servis besok (hari ini, red),” katanya. (far/nis)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia