alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Ekonomi Gresik
icon featured
Ekonomi Gresik

Persaingan Ketat, Okupansi Tenan di Mal Turun

14 Februari 2020, 18: 46: 13 WIB | editor : Wijayanto

SEPI: Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Gresik saat musim hujan.

SEPI: Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Gresik saat musim hujan. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pengelola pusat perbelajaan di Gresik mulai merasakan penurunan okupansi penunjung saat musim hujan. Hal ini tentu saja berimbas pada pendapatan tenan di dalam mall. Akibatnya, beberapa tenan tidak mencapai target penjualan. Bahkan, memilih untuk menutup usahanya.

General Manager Icon Mall Gresik, Alfialdy Baenars mengakui, di Icon mall ada beberapa tenan yang memilih berhenti beroperasi sementara atau permanen karena berbagai faktor. “Rata-rata yang tutup yakni tenan yang tidak mampu berinovasi maupun menangkap peluang,” ujarnya.

Dijelaskan, rata-rata tenan yang menghentikan operasinya bergerak di bidang kuliner. Adapun faktor terbesar yang mempengaruhinya lantaran tidak kuat dalam menghadapi persaingan pasar.  “Saya sudah melihat potensi pasar di Gresik kuliner lokal lebih banyak disukai daripada asing. Untuk itu, kami mendorong pengusaha lokal di bidang kuliner masuk,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager Gressmall Gresik, Yudi Wahyu Rohadi menuturkan, daripada tahun sebelumnya, jumlah tenan mengalami penurunan. Hal itu diakibatkan awal beroperasi mayoritas pengusaha ingin melihat potensi market. “Tenan bisa bertahan di atas dua tahun ini biasanya memiliki pasar,” kata Yudi.

Dikatakan, berbagai strategi dilakukan untuk mendorong okupansi. Hanya, untuk pola penjualan pihaknya mengembalikan kepada tenan masing-masing.

“Sebagai pengelola mall kami terus berupaya menarik pengunjung dengan menghadirkan berbagai program maupun even. Apabila tenan tidak memiliki strategi sendiri tentu percuma,” imbuhnya.

Sama seperti mall lain, ada beberapa tenan berhenti beroperasi. Sebagian tidak kuat membayar sewa karena penjualan sepi. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP