Kamis, 27 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Waspadi Cuaca Ekstrem Hingga Awal Maret

13 Februari 2020, 17: 04: 50 WIB | editor : Agung Nugroho

WASPADA: Warga yang melintas di Jalan Kombes Pol M Duryat melindungi diri dari hujan, Rabu (12/2).

WASPADA: Warga yang melintas di Jalan Kombes Pol M Duryat melindungi diri dari hujan, Rabu (12/2). (HILDAN SEPKA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Saat ini beberapa kota di Jawa Timur dilanda musim hujan. Salah satunya Kota Delta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi hujan lebat akan berlangsung hingga awal Maret 2020.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menjelaskan, tingginya penguapan yang terjadi menyebabkan hujan lebat. Sebab, hujan berasal dari hasil penguapan yang membentuk awan. Namun, hal itu tidak dapat dipastikan apabila selepas siang langsung turun hujan. “Tapi BMKG Juanda menyediakan prakiraan cuaca per tiga hari untuk diperhatikan,” ujarnya.

Cuaca ekstrem tersebut ditandai dengan angin kencang disertai kilat atau petir. Namun, dari pengamatan BMKG Juanda, curah hujan yang turun fluktuatif. Artinya, intensitas curah hujan yang turun akan berubah-ubah. “Tidak selalu dalam sepekan akan turun hujan deras disertai angin,” bebernya.

Sementara itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Sebab, jika terjadi cuaca ekstrim dikhawatirkan terjadi pohon tumbang. Oleh sebab itu, dia akan lakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan peringatan dini. “Agar tidak terjadi korban meninggal karena pohon tumbang,” tegasnya.

Untuk masyarakat yang tinggal di kawasan bantaran sungai, diharapkan untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan sungai. Sebab, apabila sungai tidak dapat menampung volume air hujan yang deras bisa dipastikan akan berdampak banjir. (hil/vga)

(sb/jpg/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia