alexametrics
Selasa, 31 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Pantau Tumbuh Kembang Balita lewat Timbang Serentak

13 Februari 2020, 16: 29: 18 WIB | editor : Wijayanto

PROGRAM KESEHATAN: Penggerak PKK menimbang anak di salah satu Posyandu di kawasan Rungkut.

PROGRAM KESEHATAN: Penggerak PKK menimbang anak di salah satu Posyandu di kawasan Rungkut. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Generasi yang sehat menjadi generasi masa depan bangsa. Hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), menggalakkan Timbang Balita Serentak di seluruh Posyandu yang ada di Kota Surabaya.

Seperti halnya di wilayah-wilayah kelurahan lain di Surabaya, Kelurahan Kertajaya juga turut melaksanakan program tersebut. Dari pantauan, nampak antusias warga menyambut adanya program tersebut. 

Kader Posyandu Anggrek I Yayuk Irawati menuturkan, warga mulai berdatangan sejak pukul 08.00 pagi. Mereka berbondong-bondong mengajak balitanya menuju posyandu. Kurang lebih ada sekitar 45 balita melakukan timbang serentak di Posyandu Anggrek I, yang meliputi wilayah RT 01 dan RT 02 RW 11 Kelurahan Kertajaya. Selain timbang serentak, para balita juga mendapatkan asupan vitamin A. "Memang bulan Februari dan Agustus bulannya vitamin A," terangnya.

Pemberian vitamin A ini wajib dilakukan mengingat manfaatnya yang sangat besar terhadap tubuh balita. Yakni membuat tubuh anak menjadi sehat dan kuat. "Mencegah kebutaan pada anak atau xeroftal- mia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko kematian pada bayi dan balita hingga 24 persen, serta menurunkan angka kejadian dan keparahan penyakit diare dan campak," urainya.

Tidak hanya itu saja, dalam semarak timbang serentak kali ini, posyandu Anggrek I juga melakukan emo demo atika. Yaitu penyuluhan kepada orang tua balita dan ibu hamil terkait makanan yang sehat untuk dikonsumsi. "Atika itu, hati, telur dan ikan. Khusus untuk ibu hamil disarankan rutin mengkonsumsi makanan sehat ini. Bergantian setiap hari selama masa kehamilan," ujarnya. (cin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia