Kamis, 27 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Buka Tanggapan Masyarakat Tahap Dua 15 hingga 21 Februari

13 Februari 2020, 13: 29: 40 WIB | editor : Agung Nugroho

Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak

Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Proses seleksi wawancara bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) selesai dilakukan. KPU Sidoarjo bakal segera melakukan rapat pleno penentuan rangking 10 besar. Dimana, KPU bakal menetapkan rangking 1 hingga 5 sebagai PPK terpilih yang akan dilantik.

Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak mengatakan, jika pengumuman perangkingan akan keluar pada 15 Februari nanti. Menurutnya, bagi mereka yang berada di rangking 6 hingga 10, bakal menjadi peserta daftar tunggu, apabila terjadi pergantian antar waktu (PAW). “Kalau yang dilantik ternyata berhalangan dalam tugasnya maka akan diganti,” katanya.

Di sisi lain, pengumuman rangking 10 besar nantinya bukan akhir dari proses itu. Sebab, KPU Sidoarjo masih akan membuka tanggapan masyarakat tahap kedua. Hal itu bakal dibuka KPU pada 15 hingga 21 Februari nanti, sesuai dengan masa pengumuman.

Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Sidoarjo, Fauzan Adim menambahkan, setelah masa tanggapan masyarakat selesai, maka akan ada proses klarifikasi dari tanggapan masyarakat tersebut. Klarifikasi itu, bakal digelar pada 22-25 Februari mendatang. “Baru nanti bakal ada pengumuman pascaklarifikasi,” ujarnya.

Ada sejumlah regulasi dalam proses seleksi calon anggota PPK itu. Di antaranya, tidak pernah dipidana penjara karena melakukan tindak pidana dengan ancaman pidana lima tahun penjara. Mereka juga tidak boleh menjadi tim kampanye peserta pemilu dan pemilihan, paling singkat lima tahun.

Fauzan menjelaskan, pihaknya mempersilahkan masyarakat untuk memberikan tanggapannya. Masyarakat bisa datang langsung ke KPU Sidoarjo. Syaratnya, mereka harus membawa identitas diri. “Nanti bakal ada tindak lanjut sesuai timline yang ditentukan,” katanya. (far/vga)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia