Kamis, 27 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Menyambut Bulan K3, PLN Group Jawa Timur Gelar Apel Bersama

13 Februari 2020, 12: 34: 53 WIB | editor : Agung Nugroho

SIMBOLIS: Direktur Operasi 2 PT PJB menyerahkan secara simbolis 1.000 bibit Pohon Tabebuya kepada Dinas Pertanian Kabupaten Gresik.

SIMBOLIS: Direktur Operasi 2 PT PJB menyerahkan secara simbolis 1.000 bibit Pohon Tabebuya kepada Dinas Pertanian Kabupaten Gresik. (IST)

Share this      

GRESIK–PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Group Jawa Timur yang terdiri dari PT PJB, PLN UID Jawa Timur, PLN UIT JBTB dan PLN UIP JBTB I & II menggelar apel gabungan dalam rangka Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional. Kegiatan yang digelar di Lapangan GKB Convex, Gresik, Rabu (12/2) itu diikuti ribuan petugas PLN baik dibagian teknik, jaringan maupun pelayanan pelanggan.

Dalam kegiatan tersebut, petugas PLN memperagakan berbagai simulasi salah satunya simulasi fire and rescue. Pada simulasi ini petugas PLN memberikan pertolongan kepada pegawai yang mengalami kecelakaan kerja di ruang yang tertutup dan terbatas di atas ketinggian 30 meter. Dalam momen tersebut terlihat dua petugas berseragam safety memasuki lorong dengan membawa tabung oksigen. 

KOMITMEN BERSAMA: General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Bob Saril membubuhkan tanda tangan komitmen K3.

KOMITMEN BERSAMA: General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Bob Saril membubuhkan tanda tangan komitmen K3. (IST)

Dua petugas tersebut memberikan tindakan penyelamatan pertama kepada petugas yang mengalami kecelakaan kerja. Tidak hanya itu, dalam apel tersebut petugas PLN juga melakukan pengecekan infrastruktur K3 baik APAR maupun hydrant. 

Dalam sambutannya, General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB) Suroso selaku pembina apel mengatakan, tujuan digelarnya simulasi tersebut agar seluruh pekerja PLN memahami prinsip K3 yang lebih komprehensip, serta menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman dan kondusif. "K3 tidak dibahas saat ada kecelakaan kerja saja. Namun sebelum kejadian itu harus sudah diantisipasi,” kata GM UIT JBTB, Suroso.

TANAM POHON: Sedekah Oksigen 1.000 bibit Pohon Tabebuya dilakukan oleh Perwakilan Bupati (Kadis Pertanian Kabupaten Gresik), Kadis LH Provinsi Jatim dan Manajemen PLN.

TANAM POHON: Sedekah Oksigen 1.000 bibit Pohon Tabebuya dilakukan oleh Perwakilan Bupati (Kadis Pertanian Kabupaten Gresik), Kadis LH Provinsi Jatim dan Manajemen PLN. (IST)

Selama ini, kata Suroso, pihaknya sudah menerapkan budaya K3, bahkan sudah menjadi bagian hidup para pekerja di lingkungan PLN Group. Namun, hal itu harus terus menerus dikuatkan dan disinergikan. Sehingga tujuan utama perusahaan menciptakan catatan zero accident (kecelakaan nihil) bisa dicapai.

"Berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan kerja terus kami lakukan. Dari sisi pengembangan SDM misalnya, setiap pekerja di lingkungan PLN Group, utamanya yang bekerja dalam tingkat berbahaya yang tinggi, itu sudah pasti dilengkapi sertifikat atau tersertifikasi. Secara prinsip zero accident harus diutamakan,” imbuhnya. 

SIMULASI: Tim Fire Rescue PT PJB memperagakan cara pertolongan pertama kepada petugas PLN yang mengalami kecelakaan di ruang tertutup di atas ketinggian 30 meter.

SIMULASI: Tim Fire Rescue PT PJB memperagakan cara pertolongan pertama kepada petugas PLN yang mengalami kecelakaan di ruang tertutup di atas ketinggian 30 meter. (IST)

Sementara itu, dari sisi peralatan, PLN Group juga melengkapinya dengan alat-alat yang canggih dan aman. Sehingga, meskipun pengerjaan dilakukan dalam keadaan bertegangan, bisa dipastikan pekerja tetap aman. Alat-alat yang dimiliki juga sudah bersertifikat, dan dipastikan pekerja yang mengerjakannya aman dari sengatan listrik, serta ancaman lainnya.

"Dari sisi pengembangan teknologi, kita juga menerapkan aplikasi-aplikasi dengan teknologi baru untuk mengembangkan sistem keselamatan ini. Misalkan working permit secara online. Jadi kalau misalkan teman-teman melakukan pengerjaan di Madiun, itu bisa disupervisi dari Surabaya lewat aplikasi," tandasnya. (fir/nur)

(sb/fir/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia