alexametrics
Senin, 06 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik

Waspada Virus Corona, KSOP Larang Kapal Asing Sandar di Dermaga

07 Februari 2020, 17: 40: 07 WIB | editor : Wijayanto

SCAN: Petugas memeriksa ABK kapal asing untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

SCAN: Petugas memeriksa ABK kapal asing untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - Langkah antisipasi terus dilakukan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik untuk menangkal virus Corona. Jika sebelumnya peningkatan pengawasan dilakukan terhadap kapal Cina, kali ini cakupan pemeriksaan diperluas terhadap seluruh kapal asing yang akan masuk ke Gresik.

Kepala KSOP Gresik, Totok Mukarto mengatakan, perluasan cakupan pemeriksaan mengacu pada SE Dirjen Hubla No 18/PK/DK/2020 tentang penanganan wabah virus Corona (nCoV) yang diterbitkan pada 3 Februari.

“Seluruh kapal asing yang akan masuk ke Gresik sementara diminta berada pada zona pemeriksaan di area perairan labuh jangkar. Selanjutnya petugas pandu bersama tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan melakukan pemeriksaan menyeluruh,” ujarnya.

Kapal yang dinyatakan lolos pemeriksaan, kata Totok, akan mendapatkan certificate of pratique dari KKP. Selanjutnya, kapal asing diperbolehkan melanjutkan perjalanan dan sandar di dermaga tujuan Gresik.

“Dalam surat himbauan terbaru juga melarang operator kapal asing untuk melakukan pergantian ABK serta agar membatasi seluruh ABK asing melakukan kontak dengan warga lokal. Tujuanya untuk menjaga kondusifitas di lingkungan pelabuhan,” imbuhnya. 

Tidak hanya itu, KSOP juga mewajibkan para agen pelayaran di Gresik melaporkan hasil pemeriksaan karantina serta menyertakan laporan dari pelabuhan asal dalam bentuk port arival notification. “Tujuannya berdasarkan analisa dari pelabuhan asal bisa segera mengantisipasi apabila kapal yang datang patut diduga terpapar virus,” pungkasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia