Rabu, 19 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Bawaslu Ingatkan Adanya Potensi Pelanggaran Calon Perseorangan

24 Januari 2020, 13: 20: 15 WIB | editor : Agung Nugroho

AWASI: Bawaslu Sidoarjo saat melakukan pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran ASN.

AWASI: Bawaslu Sidoarjo saat melakukan pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran ASN. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Bawaslu Sidoarjo kembali mengingatkan sejumlah potensi pelanggaran yang mungkin terjadi dalam tahapan pilkada saat ini. Salah satunya menyangkut dengan potensi pelanggaran dalam tahapan calon perseorangan. Dimana ada sekitar enam hal yang menjadi perhatian Bawaslu Sidoarjo.

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Haidar Munjid menjelaskan, salah satu potensi pelanggaran calon perseorangan adalah adanya mobilisasi dukungan yang dilakukan oleh pihak yang dilarang dalam undang-undang. Misalnya dilakukan oleh ASN, TNI, Polri hingga Kepala Desa.

“Sebisa mungkin masyarakat harus berperan aktif dalam hal pencegahan,” katanya.

Selain itu, potensi pelanggaran juga biusa terjadi dalam proses penggalangan dukungan. Salah satunya terkait dengan persyaratan dukungan yang dibuktikan dengan KTP pendukung. Pelanggaran itu misalnya saat dukungan ganda. Baik dengan satu pasang calon (Paslon) atau antar paslon.

Pelanggaran lainnya yang juga bisa terjadi adalah adanya pemalsuan dukungan alias pemalsuan KTP. Selain itu ada pula peminjaman KTP yang dilakukan oleh pihak tertentu dengan alasang yang tidak jelas. Hal itu menjadi salah satu bentuk pelanggaran yang harus diwaspadai oleh masyarakat, terutama bawaslu.

“Karena jumlahnya cukup banyak, maka potensi pelanggaran juga ada,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Sidoarjo menjelaskan, terkait dengan syarat dukungan, verifikasi tersebut akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama adalah verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. dalam verifikasi faktual itu, pihaknya akan mendatangi satu persatu pendukung dari paslon perseorangan tersebut. 

“Kita pakai metode sensus, jadi kita pastikan satu persatu,” ujarnya. (far/nis) 

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia