alexametrics
Selasa, 07 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik

UN Dihapus, Cabdin Pendidikan Bingung Susun Standarisasi USBK

24 Januari 2020, 05: 32: 32 WIB | editor : Wijayanto

DIHAPUS: Pelaksanaan UN Berbasis Komputer di Gresik, beberapa waktu lalu.

DIHAPUS: Pelaksanaan UN Berbasis Komputer di Gresik, beberapa waktu lalu. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dihapusnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), muncul masalah baru. Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Gresik kebingungan menyusun standarisasi soal untuk Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).

Meskipun proses pembuatan soal itu tergantung sekolah masing-masing, namun standarisasi soal harus diatur. Sehingga proses itu tak rancu. 

Kasi Pendidikan SMA dan SMK Cabdin Gresik, Rita Riana mengatakan, setelah UNBK dihapus, prose ujian akhir sepenuhnya diserahkan sekolah atau USBK. Hanya saja, yang menjadi kendalanya ialah penyusunan soal ujian. Sebelumnya, soal ujian seragam langsung dari pusat.

"Nah kalau sekarang setiap sekolah membuat soal sendiri, tentu harus ada standarnya sehingga jelas," ungkap Rita. 

Dia mengatakan soal-soal ujian tak harus sama, namun materinya harus disamakan. Sehingga muatan pelajarannya terpenuhi. Tak ada sekolah yang terlalu mudah atau sulit.

Pihaknya juga sudah membuat jadwal untuk pertemuan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terkait hal itu. "Kami akan melibatkan tim ahli untuk menyusun standarisasi itu. Terkait mekanismenya nanti akan kami bahas lagi," terangnya. 

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Dispendik Gresik, Nur Muslicha mengatakan, pihaknya belum ada persiapan untuk membahas terkait standarisasi soal USBK. Saat ini, pihaknya masih fokus untuk pelaksanaan UNKB tahun 2020. Dia beralasan jika proses peniadaan UNBK itu masih tahun depan. 

"Kemungkinan setelah pelaksaan UNBK, baru akan ada pembahasan (standarisasi soal USBK). Kami tunggu mekanismenya seperti apa. Yang jelas kami siap melaksanakan apapun yang menjadi keputusan pusat," terangnya. (yua/rof)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia