Rabu, 19 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Dapat Jatah 10 Ribu Blangko E-KTP, Pencetakan Bisa Mulai Dilakukan

22 Januari 2020, 16: 23: 08 WIB | editor : Agung Nugroho

VERIFIKASI: Plt Kadispendukcapil Sidoarjo Reddy Kusuma saat menverifikasi adminduk TTE

VERIFIKASI: Plt Kadispendukcapil Sidoarjo Reddy Kusuma saat menverifikasi adminduk TTE (LUKMAN AL FARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Terbatasnya jumlah blangko e-KTP akhirya menemui titik terang. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo mendapat jatah 10 ribu keping blangko e-KTP. Hal itu setelah Dispendukcapil Sidoarjo mengusulkan 85 ribu lebih blangko ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (20/1).

Plt Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Reddy Kusuma menjelaskan, sejak mendapat jatah sebanyak 10 ribu blangko itu, pihaknya langsung mendistribusikan ke masing-masing kecamatan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Menurutnya, pendistribusian itu agar proses cetak e-KTP dapat segera diproses. “Diharapkan mulai besok pagi (hari ini, Red) sampai dengan seminggu sudah mulai dicetak,” katanya kepada Radar Sidoarjo, Selasa (21/1).

Menurutnya, masyarakat Sidoarjo dapat langsung cetak e-KTP baik di 18 kecamatan, kantor Dispendukcapil dan Mal Pelayanan Publik (MPP). Rencananya, pihaknya bakal kembali ke Jakarta di Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk mengambil sisa usulan blangko e-KTP. Sehingga antrean cetak dapat segera dipenuhi.

Reddy mengatakan, keterbatasan blangko e-KTP itu terjadi usai pileg dan pilpres pada April 2019 lalu. Pihaknya menargetkan, masyarakat dapat segera memiliki e-KTP sebelum pelaksanaan pilkades dan pilkada di Sidoarjo berlangsung. Terutama bagi pemilih pemula. Sehingga mereka dapat ikut serta dalam pesta demokrasi pemilih. “Dua event besar politik ini memang kita targetkan dapat terpenuhi,” paparnya.

Kasi Inovasi Dipendukcapil Sidoarjo, Latifa Indira Dewi menjelaskan, pihaknya telah menambah jam layanan untuk administrasi kependudukan (Adminduk). Penambahan layanan itu dibuka di kantor Dispendukcapil Sidoarjo, setiap Sabtu. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan hal itu. “Termasuk untuk pemohon perekaman bisa manfaatkan itu,” ujarnya. (far/nis)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia