Rabu, 19 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Bahas Elektrifikasi 100 %, PLN UID Jatim Rakor bareng DPRD dan ESDM

17 Januari 2020, 00: 07: 32 WIB | editor : Wijayanto

Bahas Elektrifikasi 100 %, PLN UID Jatim Rakor bareng DPRD dan ESDM

SURABAYA – Menyikapi perkembangan kelistrikan terbaru di Jawa Timur, PLN UID Jawa Timur bersama Komisi D (Pembangunan) DPRD Jatim dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat kerja konsultasi dan koordinasi di ruang rapat Komisi D di gedung DPRD Provinsi Jawa Timur, Kamis (16/1).

General Manager PLN UID Jawa Timur Bob Saril menuturkan, dalam menyiapkan target lima tahun ke depan, pihaknya telah mengidentifikasi beban puncak pada tahun 2020 akan meningkat sebesar 3,3 persen dibandingkan beban puncak pada tahun 2019.

"PLN UID Jawa Timur sendiri memiliki daya mampu yang cukup untuk melayani kebutuhan listrik tersebut," terangnya di Surabaya, Kamis (16/1).

Hingga 15 Januari kemarin, pihaknya mencatatkan daya mampu PLN UID Jatim sebesar 7.057 MW dengan beban siang sebesar 5.434 MW dan beban puncak sebesar 5.468 MW. 

Sedangkan rasio elektrifikasi di Jawa Timur per 31 Desember 2019 telah mencapai 99,29 persen dan siap menuju 100 persen pada tahun 2020 ini.

Bob menyebutkan bahwa di Jawa Timur, pihaknya telah melayani 12 juta pelanggan dan menggandeng industri-industri besar. "Kami terus berupaya untuk meningkatkan keandalan dan pelayanan terhadap masyarakat serta terus bergerak untuk meningkatkan rasio elektrifikasi," ujarnya. 

Bob juga mengungkapkan adanya kendala-kendala yang akan dihadapi oleh PLN ke depan. Seperti pengembangan jaringan kelistrikan tegangan menengah atau tinggi terkait dengan ROW (Right of Way) atau jarak aman infrastruktur kelistrikan.

Kemudian perizinan dan pemanfaatan fasilitas umum dalam rangka pembangunan infrastruktur kelistrikan, serta peraturan daerah (Perda) terkait pengenaan sewa terhadap lahan oleh utilitas yang termasuk ROW Keandalan Jaringan.

"Serta penyelesaian kendala masyarakat yang berada di lahan milik Pemda, TNI, POLRI dan lain sebagainya," ungkapnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, Setiadjit menambahkan bahwa Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur bersama PLN akan terus bersinergi untuk melistriki Jawa Timur dalam upaya meningkatkan rasio elektrifikasi.

Sedangkan Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur Kuswanto mengapresiasi upaya PLN UID Jawa Timur dalam melistriki Jawa Timur.

"Komisi D siap membantu dan kami sepenuhnya support PLN dalam menghadapi tantangan 2020 dalam kelistrikan yang menjadi kewenangan Komisi D," tambah Kuswanto. (cin)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia