Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Puskesmas Bingung Layani Pasien Umum, Hanya Diberi Obat BPJS

14 Januari 2020, 21: 59: 49 WIB | editor : Wijayanto

DILARANG: Meski sudah BLUD, namun Puksemas Kebomas tak bisa lakukan pengadaan obat sendiri.

DILARANG: Meski sudah BLUD, namun Puksemas Kebomas tak bisa lakukan pengadaan obat sendiri. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

GRESIK – Puskesmas di Kabupaten Gresik merasa kesulitan untuk melayani pasien umum. Sebab, obat yang disediakan di Puskesmas hanya unuk pasien BPJS dan obat subsidi. Sehingga, pasien umum yang berobat terancam tidak mendapatkan obat kalau berobat ke Puskesmas.

Kondisi ini membuat bingung para perawat. Salah satu perawat yang enggan disebutkan namanya mengaku sangat dilema dengan kondisi tersebut. Di satu sisi dirinya tidak boleh menolak pasien tetapi di sisi lain tidak ada obat yang disediakan pemerintah untuk pasien umum.

“Kami tidak tahu, kayaknya memang yang boleh berobat ke Puskesmas hanya pasien peserta BPJS saja,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Gresik drg Syaifuddin Ghozali membenarkan kondisi tersebut. Ketersediaan obat di puskesmas memang hanya untuk peserta BPJS Kesehatan dan obat subsidi. Sehingga, untuk pasien umum terancam tidak dapat obat.

“Namun puskesmas merupakan fasilitas kesehatan pertama, tidak mungkin menolak pasien. Sehingga pasien umum itu diberikan obat subsidi atau obat BPJS itu. Untuk itu, obat untuk pasien BPJS bakal berkurang,” ucapnya.

Meski begitu, pihaknya tetap tidak memperbolehkan Puskesmas untuk melakukan pengadaan obat sendiri. Meskipun mereka statusnya telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Pengadaan obat harus dilakukan dan melalui Dinkes. Sebab, obat untuk pasien itu harus melalui verifikasi dulu. 

“Kalau puskesmas membeli obat sendiri takutnya tidak melalui sortir. Sehingga obat yang digunakan di puskesmas harus melalui Dinkes. Kalau ada dan terbukti melakukan pengadaan sendiri akan kami tindak,” ungkapnya. (yua/rof)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia