Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pamitan ke Khofifah, Dubes AS Apresiasi Kerja Sama Amerika-Jatim

14 Januari 2020, 21: 30: 30 WIB | editor : Wijayanto

SINERGI: Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr berpamitan sekaligus menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Khofifah.

SINERGI: Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr berpamitan sekaligus menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Khofifah. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk berpamitan sekaligus menyampaikan terima kasih.

Dalam pertemuan tersebut, Donovan memuji dan mengapresiasi Khofifah atas hubungan kerja sama yang terjalin selama ini antara negeri adidaya itu dengan pemerintah Jatim.

“Saya sangat memuji dan apreasiasi terhadap hubungan dan kerja sama dia (Gubernur Khofifah, Red) dengan Konsulat Jenderal AS di Surabaya, dan kerja sama di Surabaya dan Jawa Timur,” katanya.

Donovan menjelaskan, Jawa Timur memiliki potensi yang luar biasa. Khususnya untuk mendongkrak produk unggulan yang memiliki potensi tinggi untuk dijajakan di Amerika. Seperti sepatu, pakaian jadi, karet, furniture dan elektronik.

“Produk-produk tersebut yang akan kita tingkatkan untuk bisa menembus ke pasar Amerika,” terangnya.

Selain itu, menurut Donovan, pihaknya juga terus mendorong untuk menawarkan wisata Jawa Timur kepada turis Amerika Serikat. Pasalnya, hingga tahun 2019, ada sekitar 460 ribu turis AS yang berkunjung ke Jatim.

“Apalagi rencana Ibu Gubernur yang akan membangun daerah unggulan BTS (Bromo, Tengger, Semeru) nanti kita coba tawarkan ke turis Amerika,” tuturnya.

Donovan menambahkan bahwa kerja sama lainnya yakni meningkatkan SDM di Jawa Timur. Karena program SDM ini menjadi program pemerintah Indonesia dan juga Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Donovan juga berpamitan kepada Gubernur Khofifah karena tugasnya di Indonesia akan berakhir pada Februari mendatang.

"Ini merupakan kunjungan pamit saya. Meskipun saya tidak akan di sini lagi (Indonesia, Red), saya yakin masa depan kerja sama ini akan sangat cerah. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada ibu Gubernur Khofifah,” katanya.

Sementara itu Gubernur Khofifah berharap dengan adanya pertemuan tersebut, semoga ada persambungan secara sistematis.

“Semoga saja ada pertemuan trader dan buyer agar produk-produk unggulan Jawa Timur makin bisa dikenalkan ke publik Amerika. Seperti sepatu, furniture, udang yang merupakan produk unggulan dan terbesar pangsa pasarnya di Jawa Timur. Saya berharap ini menjadi pintu baru untuk produk unggulan di Jawa Timur agar penyebaran produknya maksimal,” katanya. (rmt/jay)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia