Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

PKS Masih Godok Tiga Kader untuk Ikuti Pilkada

PAN Deklarasikan Satu Kadernya

13 Januari 2020, 19: 22: 25 WIB | editor : Agung Nugroho

KOORDINASI: Sejumlah dewan pengurus cabang dan ranting DPD PKS Sidoarjo saat Rakorda kemarin.

KOORDINASI: Sejumlah dewan pengurus cabang dan ranting DPD PKS Sidoarjo saat Rakorda kemarin. (LUKMAN AL FARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada), sejumlah partai politik (Parpol) di Sidoarjo mulai gencar melakukan konsolidasi. Sejumlah konsolidasi mereka lakukan, baik di internal partai hingga lintas parpol. Kemarin, (12/1) giliran DPD PKS Sidoarjo. Partai islam itu mulai melakukan koordinasi internal dalam rapat koordinasi daerah (Rakorda).

Ketua DPD PKS Sidoarjo Anang Ma’ruf menyampaikan, pihaknya menyiapkan sejumlah program untuk menghadapi pilkada pada September nanti. Di antaranya mulai melakukan rekruitmen anggota, program legislasi, pemenangan pilkada dan pilkades serta program membangun partai.

“Kalau untuk pilkada dan pilkades, sudah kami siapkan sejak 2018 kemarin,” katanya.

Hal itu dilakukan dalam rangka member kesiapan menghadapi pilkada nanti. Menariknya, partai yang berdiri pada 1998 lalu itu juga telah membentuk panitia pemenangan, hingga melakukan proses seleksi terhadap kader yang nantinya akan diusung pada pilkada. Bahkan, ada sekitar 17 kader yang telah disiapkan PKS.

Dari sejumlah kader itu, Anang menuturkan, pihaknya melakukan seleksi menjadi lima nama. Kemudian seleksi berlanjut hingga menjadi tiga nama. Sayangnya, dia enggak menyebut ketiga nama kader internal itu. Alasannya, pihaknya akan menyampaikan setelah proses seleksi tahap terkahir selesai dilakukan.

“Dari tiga itu masih kita godok, jadi masih belum fiks,” ujarnya.

Bagiamana konsolidasi dengan parpol lain? Anang mengaku, pihaknya hingga saat ini terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai. Setidaknya ada sejumlah partai yang sudah menjalin komunikasi secara intens dengan PKS. Di antaranya PAN, PPP, Gerindra, Nadem dan PDIP Sidoarjo.

Lantas bagaimana dengan PAN? Partai berlambang matahari terbit tersebut sedikit lebih dulu mendekarasikan kader internalnya. Sabtu (11/1) malam kemarin, kader DPC PAN Sidoarjo Haris mendeklarasikan dirinya untuk maju sebagai calon bupati Sidoarjo. Bahkan dia juga mengaku optimistis dapat diusung PAN.

“Visi dan misi juga tengah kitas siapkan, sejumlah program prioritas juga sudah direncanakan,” kata wakil ketua Komisi A itu.

Ketua tim penjaringan DPC PAN Sidoarjo Khulaim Djunaedi menuturkan, hingga saat ini memang masih satu kader PAN yang siap maju dalam kontestasi politik nanti. Namun demikian, pihaknya masih membuka kepada siapa saja yang ingin maju melalui PAN Sidoarjo. Syaratnya, harus serius dan siap berkeja keras.

“Yang jelas siap bekerja keras melakukan konsolidasi dan sosialisasi ke bawah, itu saja cukup,” paparnya. (far/nis)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia