Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo
Penggeledahan Rumdin dan Rumah Pribadi Abah Ipul

KPK Sita Uang Rp 1 M dan Ribuan Uang Asing dari Dolar, Euro sampai Yen

12 Januari 2020, 23: 15: 15 WIB | editor : Wijayanto

BARANG BUKTI: Penyidik KPK memasukkan koper yang berisikan barang bukti dari penggeledahan di rumah pribadi Bupati Sidoarjo, Minggu (12/1).

BARANG BUKTI: Penyidik KPK memasukkan koper yang berisikan barang bukti dari penggeledahan di rumah pribadi Bupati Sidoarjo, Minggu (12/1). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Sekitar pukul 23.57, Sabtu (11/1), petugas KPK yang menggeledah rumah dinas Bupati Sidoarjo mulai meninggalkan lokasi. Petugas antirasuah itu nampak mengangkut lima koper dan dua kardus dari kediaman Bupati Saiful Ilah itu. 

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengungkapkan jika petugas yang menggeledah rumah dinas di kawasan pendopo Sidoarjo itu telah menyita uang mencapai Rp 1 miliar. 

Kemudian, sejumlah uang asing juga diamankan dalam penggeledahan pada Sabtu (11/1) tengah malam itu.  Di antaranya uang asing USD 50.000, SGD 64.000 dan mata uang asing lainnya yaitu dollar Australia, Euro dan Yen Jepang.

CARI BARBUK: Penyidik KPK mengamankan berkas dan barang bukti sebanyak 5 koper dan dua kardus dari kediaman pribadi Bupati Sidoarjo.

CARI BARBUK: Penyidik KPK mengamankan berkas dan barang bukti sebanyak 5 koper dan dua kardus dari kediaman pribadi Bupati Sidoarjo. (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Dari pantauan Radar Sidoarjo, petugas KPK mulai masuk ke dalam rumah dinas bupati yang berada di samping pendopo itu sekitar pukul 09.30. Proses penggeledahan juga berlangsung cukup lama.

Petugas mulai nampak keluar ruangan sekitar pukul 23.57. Petugas yang berjumlah lebih dari 10 orang itu menggunakan tiga buah mobil Kijang Innova warna hitam. Yakni nopol S 1275 ZH, L 1000 GO, dan W 1210 PB.

Saat hendak meninggalkan lokasi, petugas juga nampak memasukkan sejumlah koper dan kardus. Terhitung ada lima koper dimasukkan ke dalam mobil dari ruangan rumah dinas bupati beserta sejumlah kardus.

Minggu (12/1) sekitar pukul 10.55, penyidik lembaga antirasuah melanjutkan penggeledahan di rumah pribadi Abah Ipul di Jalan Malik Ibrahim. 

KPK datang menggunakan dua mobil Kijang Innova berwarna hitam, bernomor polisi W 1210 PB dan S 1241 OB. Nampak penjagaan dari Polresta Sidoarjo pada rumah yang berada tepat di tikungan tersebut. 

Berselang 45 menit, lima penyidik KPK keluar dari rumah itu dengan membawa satu koper berwarna merah, tas jinjing hitam berukuran sedang dan satu buah kardus. 

Bersamaan dengan penyidik KPK, terlihat pula Kepala Bagian Protokol dan Rumah Tangga Sekretariat Daerah Sidoarjo, Aan Alifauzansyah. 

Nampaknya, Aan menemani penyidik KPK selama melakukan penggeledahan. “Tidak ditemukan apa-apa, makanya cepat,” ujar Aan. (son/rpp)

(sb/son/rpp/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia