Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pendaftaran Akun SNMPTN Resmi Ditutup

11 Januari 2020, 13: 48: 11 WIB | editor : Wijayanto

Ketua LTMPT Prof M. Nasih

Ketua LTMPT Prof M. Nasih (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pendaftaran akun siswa untuk seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), di laman Web Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi ditutup Jumat (10/1) siang pukul 13.00 WIB. Penutupan ini setelah dua kali panitia memberikan perpanjangan waktu. Dari yang seharusnya ditutup pada Selasa (7/1).

Ketua LTMPT, M. Nasih menyampaikan, data secara nasional yang sudah masuk ke laman web sebagai berikut. Untuk data sekolah sebanyak 23.073 akun sekolah aktif. Dari jumlah itu hanya 19.662 yang sudah melakukan permanen data. Sementara untuk data siswa aktif ada 1.375.381 akun siswa aktif. Dan 1.272.655 diantaranya sudah permanen data. 

“Kami mengucapkan terima kasih dan selamat kepada sekolah dan siswa yang telah permanen data. Harap mempersiapkan diri untuk proses selanjutnya yakni pengisian data PDSS dan pendaftaran SNMPTN untuk siswa yang eligible,” ujarnya, Jumat(10/1). 

Rektor Unair ini menyampaikan, jumlah sekolah dan siswa yang melakukan permanen data melebihi perkiraan. Bahkan melebihi peserta yang mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tahun 2019. 

“Tahun lalu sekolah yang mengisi data PDSS sebanyak 18.208  sedangkan yang finalisasi hanya 14.888 sekolah. Dari sisi siswa yang terverifikasi otomatis di PDSS 2019 berjumlah 1.192.093,” jelasnya. 

Nasih mengimbau, selanjutnya, bagi sekolah dan siswa yang sudah melakukan permanen data, untuk mengantisipasi proses selanjutnya. Yakni melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dimulai dilakukan tanggal 15 Januari sampai 8 Februari 2020. Dan pendaftaran SNMPTN yang dimulai tanggal 11-25 Februari 2020.

Ia meminta agar dalam melakukan pengisian dengan tertib dan tidak menunggu deadline penutupan. Seperti yang terjadi pada saat pendaftaran akun. Yang pada akhirnya mengganggu kinerja server karena penuh dengan data  yang masuk di akhir jelang penutupan.

Nasih juga memberikan  motivasi kepada siswa yang belum melakukan permanen data atau belum memiliki akun LTMPT agar tidak patah semangat. Karena masih ada kesempatan untuk diterima di universitas impian melalui SBMPTN. Ia juga memberikan semangat agar siswa mempersiapkan UTBK dan SBMPTN dengan baik. (ism/rud)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia