Rabu, 19 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Menpora Optimistis GBT Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 pada 2021

28 Desember 2019, 14: 17: 17 WIB | editor : Wijayanto

Menpora Zainudin Amali

Menpora Zainudin Amali (DOK/JAWAPOS)

Share this      

SURABAYA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)  terpilih menjadi salah satu tempat gelaran Piala Dunia U-20 2021.

Karena itu Menpora  mengajak semua pihak ikut bekerja keras memperbaiki kekurangannya. “Saat ini, kami tengah mematangkan pembentukan Instruksi Presiden (Inpres) dan Keputusan Presiden (Kepres) terkait gelaran Piala Dunia U-20,” katanya.

Menurutnya hal ini dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, serta pembentukan kepanitian dan pembagian kewenangan seperti di Asian Games. Misalnya, pembentukan timnas pada PSSI, pembangunan stadion di Kementerian PUPR, serta kemanan di Kepolisian. “Mudah-mudahan awal tahun ini sudah selesai semuanya,” harapnya.

Namun demikian  Zainuddin Amali mengaku sempat khawatir mengenai kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menyambut Piala Dunia U-20 2021. Pasalnya tahun depan juga bersamaan dengan gelaran Pilkada serentak 19 Kabupaten/Kota, di mana salah satunya adalah Surabaya.

“Kami sempat khawatir pilkada serentak 2020 menganggu persiapan Stadion GBT, terutama akses menuju ke stadion. Tapi saya percaya semua persiapan berjalan sesuai rancangan. Saya yakin komitmen Pemkot Surabaya untuk menyelesaikan sangat besar. Saya juga yakin kalau Pemprov dan Pemkot bersama mempersiapkan,” ujar pria yang akrab disapa ZA ini.

Pria yang juga menjabat Plt Ketua DPD Golkar Jatim ini yang perlu dipersiapkan juga adalah Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Joko Samudro Gresik. Menurutnya kedua stadion tersebut digunakan sebagai stadion penunjang untuk tempat latihan. “Sehingga baik GBT, Gelora Delta Sidoarjo, dan Joko Samudro harus memenuhi standard FIFA,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengaku siap membantu kesuksesan Stadion GBT menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Pihaknya akan mendukung penuh kelancaran renovasi. 

“Tadi kami sampaikan bahwa berdasarkan informasi yang kami terima telah ada penganggaran di APBD 2020, dan juga ada pengerjaan yang sedang berlangsung di Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB). Kami akan mempelajarinya untuk bisa memastikan bahwa apabila Menpora ditanya progress bisa menjawab,” pungkas Emil. (mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia