Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Siapkan Pilwali 2020, Pemkot Transfer Rp 1,7 M ke KPU dan Bawaslu

14 Desember 2019, 01: 44: 11 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Pemilihan Walikota Surabaya

Ilustrasi Pemilihan Walikota Surabaya (DOK/JPC)

Share this      

SURABAYA - Pemkot Surabaya telah menggelontorkan anggaran untuk Pemilihan Wali Kota 2020 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Kota Surabaya Eddy Cristijanto mengatakan, pemkot sudah mentransfer Rp 1 miliar untuk pilkada tahun depan.

"Transfer dilakukan hari Rabu (11/12) oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) sekitar Rp 1 miliar lebih ke rekening KPU Kota Surabaya dan Bawaslu Kota Surabaya Rp 700 juta lebih juga sudah ditransfer," kata Eddy Cristijanto.

Eddy menjelaskan, anggaran 2019 itu masa akhirnya sampai 31 Desember 2019. Apabila ada sisa anggaran maka wajib dkembalikan ke kas daerah. "Kami sudah sampaikan ke KPU," katanya.

Menurut dia, dana yang digelontorkan ke KPU Surabaya dan Bawaslu Surabaya dibagi menjadi tiga termin. Termin pertama 40 persen, termin kedua 40 persen, kemudian termin terakhir 20 persen. Termin ketiga menjelang pelaksanaan pemungutan suara. "Kami upayakan awal tahun yang 40 persen anggaran KPU dan Bawaslu bisa dicairkan," katanya.

Sementara itu, anggaran yang sudah masuk ke rekening KPU Surabaya untuk penggunaan tahun 2019 sebesar Rp 1.000.326.000. Menurut Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya Soeprayitno, anggaran dari pemkot telah diserahkan kepada Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi. 

Anggaran itu kemudian dikelola Sekretaris KPU Sunarno Aristono selaku kuasa pengelola anggaran. "Penggunaan anggaran mengikuti peraturan perundang-undangan," katanya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia