Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Rekom Calon Kepala Daerah PDIP Turun 10 Januari

14 Desember 2019, 00: 51: 21 WIB | editor : Wijayanto

Ketua Umum DPD PDIP Jatim, Kusnadi.

Ketua Umum DPD PDIP Jatim, Kusnadi. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA –  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur akan mengumumkan rekom calon kepala daerah pada 10 Januari 2020 mendatang. Pengumuman ini bertepatan dengan ulang tahun ke-47 PDIP.

“Informasi yang saya dapat dari Pak Sekjen (Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto,red),  pada 10 Januari, rekom akan disampaikan,” ujar Ketua Umum DPD PDIP Jatim, Kusnadi. Namun rekom itu turun untuk calon kepala daerah mana saja, Kusnadi tidak mau menjawab. Pada 2020 nanti di Jatim ada 19 daerah yang melakukan Pilkada serentak. 

Rekom yang turun, lanjutnya, yakni daerah dengan penerimaan masyarakat yang bagus, serta konsolidasi partai mapan. Artinya, rekom itu nanti akan turun kepada calon yang benar-benar diterima masyarakat dan kader PDIP, dan tentu saja memiliki peluang besar untuk menang.

Berkaitan dengan koalisi, Kusnadi menegaskan, tetap membuka kerja sama dengan partai lain. Tidak hanya dengan partai politik, melainkan juga dari seluruh komponen masyarakat seperti organisasi kemasyarakatan. Tergantung kondisi masing-masing daerah nantinya.

Sejalan dengan itu, PDI Perjuangan bisa saja mengusung dari luar, selain mengoptimalkan kader partai. Kusnadi menegaskan ingin mendorong kader partai sebagai pemenang pilkada. “Kalau dari internal belum bisa memberikan janji, baru memikirkan yang sepaham dengan partai,” tandasnya.

Menurut Kusnadi,  DPD PDI Perjuangan menargetkan 15 kemenangangan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak di 19 kabupaten/kota pada pemilihan 2020.

Politisi senior yang juga Ketua DPRD Jatim ini i menilai target Pilkada 2020 di Jawa Timur itu dianggap realistis. Mengingat mengingat pada Pilkada 2015 silam, PDI Perjuangan sukses mengamankan 13 kabupaten/kota di Jatim.  "Kami optimistis bisa memenangkan 15 dari 19 pilkada tahun 2020," ujarnya.

Untuk meraih target itu, partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut memaksimalkan kadernya. Tercatat ada 316 kader PDI Perjuangan yang menjadi anggota DPRD di kabupaten/kota se-Jatim.

"Itu belum anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim yang jumlahnya meningkat dari 19 menjadi 27 orang. Mereka sebagai bagian dari mesin utama Partai dalam memenangkan kontestasi pemilu di daerahnya," katanya.

Kusnadi yakin, kader dan pengurus cabang akan solid memenangkan partainya dalam pilkada serentak 2020 di Jawa Timur. Kesolidan pengurus ini dapat menentukan kemenangan hingga 50 persen. (mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia