Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Kenaikan BBN Kerek Harga Kendaraan

13 Desember 2019, 15: 43: 42 WIB | editor : Wijayanto

TAHUN DEPAN NAIK: Harga mobil dipastikan tahun depan mengalami kenaikan antara Rp 3 juta hingga Rp 8 juta.

TAHUN DEPAN NAIK: Harga mobil dipastikan tahun depan mengalami kenaikan antara Rp 3 juta hingga Rp 8 juta. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pemerintah resmi menaikkan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pada awal tahun 2019 dari hanya 10 persen menjadi 12,5 persen. Ketentuan efektif berlaku 02 Januari 2020 mendatang itu  mengerak harga kendaran yang kian mahal.

Kepala Cabang Arina Gresik, Steven P Gunarto mengatakan, akibat kebijakan itu pembeli kendaraan baru akan mengeluarkan biaya lebih. Harga kendaraan menjadi lebih mahal dari sebelumnya. "Bea balik nama kendaraan baru saat awal masuk dalam komponen penjualan diler. Sehingga apabila pajak balik nama mengalami kenaikan dari yang semula 10 persen dari menjadi 12,5 persen dari harga jual, tentu harga unit akan ikut naik,” ujarnya.

Dikatakan, imbas dari naiknya pajak BBNKB, kendaraan yang memiliki rentang harga Rp 200 sampai Rp 300 jutaan bisa mengalami kenaikan senilai Rp 8 juta. Sementara kendaraan di bawahnya mengalami kenaikan hingga Rp 5 juta.

“Pajak BBNKB komposisinya 12,5 persen dari harga kendaraan maka semakin mahal kendaraannya tentu akan semakin tinggi pajak yang harus dibayarkan,” imbuhnya.

Melihat kondisi itu, Steven jika penjualan kendaraan di 2020 akan bergairah. Hal ini seiring dengan naiknya Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Gresik.

Sementara itu, Kepala Cabang Honda Mitra Gresik, Aji Eko Nugroho menyebut kenaikan BBNKB itu menjadi tantangan baru bagi diler dalam menghadapi pasar otomotif 2020.

“Pajak naik harga mobil naik tentu penjualan akan semakin susah. Namun setiap diler memiliki strategi tersendiri,” kata dia.

Dia hanya berharap seiring dengan naikknya BBNKB pemerintah bisa memberikan kepastian aturan sehingga mampu memndukung industri bisnis khususnya otomotif. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia