Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Bacawali Ambil Username dan Password Silon Hari Ini

11 Desember 2019, 16: 26: 23 WIB | editor : Wijayanto

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Muhammad Kholid Asyadulloh

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Muhammad Kholid Asyadulloh (RAHMAT SUDRAJAT/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memanggil para bakal calon wali kota (bacawali) dan bakal calon wakil wali kota (bacawawali) jalur perseorangan di kantor KPU Surabaya, Rabu (11/12). Pemanggilan berkaitan untuk mendapatkan username dan password Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Muhammad Kholid Asyadulloh mengatakan, pengambilan username dan password akan diserentakkan hari ini.

“Karena untuk mempermudah jadi diserentakkan besok (hari ini, Red). Kalau ada empat atau lima, akan diundi buat usernamenya itu untuk mempermudah. Soalnya yang membuat username dan password-nya itu KPU Pusat, kemudian mereka yang menggunakannya,” katanya saat ditemui di kantor KPU Kota Surabaya.

Untuk mendapat username dan password Silon, lanjut Kholid, bakal pasangan calon (paslon) perorangan harus membawa surat tugas atau mandat yang kemudian diserahkan kepada KPU Kota Surabaya.

"Adapun surat tugas atau surat mandat harus memuat nama bakal calon wali kota dan wakil wali kota beserta gelar, nomor induk kependudukan masing-masing, tempat dan tanggal lahir masing-masing, alamat masing-masing, jenis kelamin masing-masing, dan pekerjaan masing-masing bakal calon. Dan kalau sudah masukkan ke Silon paslon itu tidak bisa diubah," terangnya.

Kholid menambahkan bahwa fungsi Silon tersebut untuk mempermudah bagi bakal pasangan itu sendiri maju bacawali. “Itu mendeteksi dukungan ganda untuk dua KTP yang ternyata sama. Itu bisa terdeteksi. Selain itu untuk mempermudah rekap per kelurahan. Jumlahnya berapa pendukungnya itu bisa terdeteksi lewat Silon,” imbuhnya.

Selain itu, setelah adanya undangan hari ini dari KPU Kota Surabaya kepada pasangan calon perorangannya tidak menutup bagi calon lain yang datang untuk mendaftarkan diri di jalur perseorangan.

“Setelah hari ini, tapi ada yang mendaftar lagi, ya kami menerima. Tapi untuk serentak (penerimaan username dan password Silon) akan dilakukan besok (hari ini, Red). Kalau penyerahan itu kan 19 sampai 23 Februari 2020. Kami melayani sampai tanggal tersebut. Besok hanya pembukaan,” jelasnya.

Kholid mengatakan, mekanisme pendaftaran pasangan perseorangan tersebut merujuk Pasal 14 ayat (2) PKPU nomor 18 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota. 

Dalam perundang-undangan itu disebutkan  bahwa pasangan calon perseorangan wajib memasukkan data surat pernyataan dukungan yang ditempel dengan fotokopi e-KTP yang menggunakan formulir model B.1-KWK Perseorangan ke dalam Silon.

Sementara itu, saat ini sudah ada lima orang calon dari jalur perseorangan. Kholid menyebut lima pasangan tersebut sudah berkonsultasi kepada KPU Kota Surabaya. “Kalau yang sudah konsultasi 5 orang yakni Sholeh dan Taufik, Samuel dan pasangannya antara Badminto atau Gunawan, Usman Hakim dan M Yasin, dan ada yang masih tanya-tanya tapi belum menyampaikan siapa yang diusung,” pungkasnya. (rmt/opi)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia