Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Sektor Wisata Ditarget Dongkrak Ekonomi Gresik

11 Desember 2019, 14: 39: 32 WIB | editor : Wijayanto

DIBANGUN: Obyek wisata bukit Setigi diharapkan bisa tuntas dan beroprasi pada 2020.

DIBANGUN: Obyek wisata bukit Setigi diharapkan bisa tuntas dan beroprasi pada 2020. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik berupaya mendorong sektor pariwisata pada 2020. Salah satunya menyusun rule map kalender even pariwisata yang akan digelar setiap bulannya di Gresik.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengungkapkan, potensi pariwisata di Gresik tidak kalah dengan daerah lain. Selain memiliki aset wisata religi, di Gresik juga terdapat banyak daerah menarik yang belum terkelola. Salah satunya adalah lahan bekas pertambangan yang tersebar hampir di beberapa kecamatan.

“Tahun 2020 lahan bekas tambang ini akan kami kelola menjadi destinasi wisata baru yakni off the road. Daerah lain sudah banyak yang mengelola wisata tambang, Gresik juga pasti tidak kalah,” kata Sambari di kantornya.

Dikatakan, lahan eks tambang yang rencananya akan dijadikan wisata misalnya, Bukit Batang Kecamatan Kebomas, Bukit Setigi Bungah, Bukit Sekapuk Sidayu. “Selain berziarah, bisa wisata off road, menyantap kuliner dan menginap di beberapa hotel bintang,” tuturnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pariwisata Gresik, Agustin Halomoan Sinaga menambahkan, pihaknya fokus merancang even kalender wisata untuk kegiatan setiap bulan. “Selain pawai budaya dan destinasi wisata baru, juga ada masak bandeng bersama, festival bhinneka tunggal ika dan festival kopi massal,” imbuhnya.

Dari rencananya ini, Sinaga mentargetkan jumlah kunjungan wisatawan meningkat hingga 20 persen pada 2020. Bahkan wisatawan yang diharapkan hadir tidak hanya berasal dari Indonesia saja melainkan mancanegara. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia