Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Rajin Gelar Donor Darah, PMI Pastikan Stok Darah Aman

11 Desember 2019, 08: 22: 01 WIB | editor : Wijayanto

STOK AMAN:  PMI Gresik pastikan persediaan kantong darah selama libur Nataru aman.

STOK AMAN: PMI Gresik pastikan persediaan kantong darah selama libur Nataru aman. (YUAN ABADI/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Palang Merah Indonesia (PMI) Gresik memastikan stok darah bisa mencukupi kebutuhan selama libur natal dan tahun baru (Nataru). Meski demikian, sebelum memasuki waktu libur, PMI akan memaksimalkan kegiatan donor darah di sejumlah instansi.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Gresik dr Jufrita Endrayana mengatakan hingga saat ini stok darah dipastikan aman. Kurang lebih tersedia seribu kantong. Jumlah itu dipastikan aman. Meski demikian untuk berjaga-jaga, pihaknya akan memaksimalkan donor darah ke sejumlah instansi. 

“Selama dua minggu kedepan, kami akan mengajak beberapa instansi dan perusahaan di Gresik untuk melakukan donor darah,” ungkapnya. 

Jufrita mengatakan dari hasil kegiatan itu, dia mempredeksi akan memperoleh sebanyak 2 ribu kantong darah. Nantinya darah tersebut akan didistribusikan ke sejumlah wilayah.

Termasuk rumah sakit Ibnu Sina. Rumah sakit milik pemerintah itu paling banyak membutuhkan pasokan darah. “Itu pun sudah kami penuhi dan sisa seribu itu,” terangnya. 

Dokter yang akrab dipanggil Rita itu mengatakan beberapa bulan terakhir ini memang pasokan darah melimpah. Hampir tak ada kekurangan, meskipun jenis atau tipe darah tertentu. 

“Kondisi ini disebabkan karena semakin banyak masyarakat yang peduli dan sadar terkait manfaat donor darah,” pungkasnya. (*/rof)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia