Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

10 Hari Normalisasi Rampung, Satpol PP Bongkar Jembatan

10 Desember 2019, 23: 06: 56 WIB | editor : Wijayanto

BONGKAR: Jembatan yang berada di atas sungai Desa Tambaksawah dibongkar Satpol PP.

BONGKAR: Jembatan yang berada di atas sungai Desa Tambaksawah dibongkar Satpol PP. (HILDAN SEPKA/RADAR GRESIK)

Share this      

SIDOARJO - Normalisasi Sungai Reformasi masih berlanjut. Kegiatan yang dimulai pada Senin (9/12) kemarin ditargetkan rampung dalam 10 hari. Di hari kedua Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sidoarjo masih melakukan pembongkaran beton di sekitar Pasar Tambaksawah.

Kabid Irigasi dan Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sidoarjo Bambang Tjatur menjelaskan, untuk normalisasi sudah dilakukan sejak hari pertama. Prosesnya setelah dilakukan pembongkaran langsung dilakukan pengerukan. “Aliran yang ke utara ini belum,” ujarnya kepada Radar Sidoarjo, Selasa (10/12).

Proyek normalisasi Sungai Buntung di Desa Tambaksawah ini kurang lebih sepanjang 1 km. Hal ini dilakukan untuk mencegah bencana banjir. Diketahui wilayah tersebut langganan banjir sejak beberapa tahun yang lalu. Sementara ini masih dilakukan pengerukan. Untuk proses selanjutnya untuk pembangunan di tahun depan. “Terpenting agar aliran sungai ini tidak mampet,” tegasnya.

Hal ini dilakukan guna optimalisasi pompa air. Sehingga ketika curah hujan tinggi, waktu air menggenang di sepanjang aliran Sungai Reformasi Desa Tambakrejo dan Tambaksawah tidak akan meluap. Luapan ini yang diantisipasi oleh pihak PUBMSDA Sidoarjo agar tidak terjadi banjir. “Proses sosialisasi seluruh masyarakat mau menerima,” paparnya.

Kasi Binwaslu Satpol PP Sidoarjo Anas Ali Akbar menambahkan, pihaknya ditargetkan tiga hari rampung dalam pembongkaran. Guna mempermudah pihak Dinas PUBMSDA untuk melakukan normalisasi sungai. Sebab, sepanjang aliran sungai dibangun beton yang difungsikan warga sebagai jembatan. “Lyn juga mempergunakannya,” pungkasnya. (hil/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia