Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Lembaga Pembiayaan Penetrasi ke Kredit Kendaraan Bekas

10 Desember 2019, 13: 43: 02 WIB | editor : Wijayanto

TUTUP TAHUN: Lembaga pembiayaan mendorong kredit kendaraan bekas di penghujung tahun.

TUTUP TAHUN: Lembaga pembiayaan mendorong kredit kendaraan bekas di penghujung tahun. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Kredit kendaraan bekas terus tumbuh. Hal itu mendorong leasing mulai penetrasi ke pasar kendaraan bekas untuk mendongkrak kredit pembiayaan. 

Area Head Bank Mandiri Gresik, Riandojo TB Juwono menyebutkan, sepanjang 2019 Bank Mandiri melalui anak usahanya Mandiri Utama Finance (MUF) berhasil merealisasikan kredit kendaraan hingga Rp 150 miliar. Kendaraan bekas berkontribusi hingga 30 persen.

“Kami memiliki keyakinan baik mobil baru maupun bekas memiliki konsumen dan segmen tersendiri. Sehingga kami optimistis target kredit mampu direalisasikan,” kata Riandojo.

Di tempat yang sama, Branch Manager MUF, Suwanto Yoga menambahkan, selama ini pihaknya tidak hanya bermain di segmen kendaraan roda empat, juga pembiayaan kendaraan bekas roda dua. 

“Secara angka kendaraan roda dua memberikan kontribusi lebih dari 50 persen dari realisasi kredit. Kami juga menangani pembiayaan kendaraan baru meskipun jumlahnya tidak dominan,” imbuh Suwanto.

Di tempat berbeda, Branch Manager Adira Finance, M Hafiz Juniono memproyeksikan pasar kendaraan bekas pada 2020 semakin bergairah. Hal ini tidak lepas dari sikap ATPM yang enggan mengeluarkan produk kendaraan terbaru melainkan hanya melakukan refreshmen unit yang sudah lama. 

“Selama ATPM masih mengeluarkan kendaraannya yang model itu-itu saja pasti konsumen bosan dan memilih kendaraan bekas. Daripada membeli kendaraan baru yang modelnya sama lebih baik dananya untuk keperluan yang lain,” papar Hafiz.

Senada, Kepala Cabang Mobil88, Aziz menuturkan, pasar kendaraan bekas diprediksi tumbuh positif karena memiliki target konsumen. Misalnya, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sudah memiliki penggemar sendiri.

"Untuk penjualan mobil bekas, Avanza dan Xenia masih di atas 65 persen. Disusul merek lain, masih di kelas MPV seperti Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina bekas," tandasnya.(fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia