Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sportainment

Jadi Top Skorer, Striker Persebaya Ini Bawa Timnas Lolos SEA 2019

06 Desember 2019, 18: 26: 09 WIB | editor : Wijayanto

LOLOS SEMIFINAL: Osvaldo Haay (20) mengangkat tangan usai mencetak gol bagi Timnas U-23.

LOLOS SEMIFINAL: Osvaldo Haay (20) mengangkat tangan usai mencetak gol bagi Timnas U-23.

Share this      

MANILA - Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2019 setelah menghajar Laos 4-0 di Stadion Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12) sore. Pemain Persebaya Osvaldo Haay menjadi top scorer SEA Games 2019 dengan torehan tujuh gol.

Empat gol yang diciptakan masing-masing oleh Saddil Ramdani, Bagas Adi, dan brace Osvaldo Haay, sudah cukup untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-23 lolos dari Grup B. Timnas Indonesia pun bakal menemani Vietnam untuk lolos dari Grup B.

Nantinya, Timnas Indonesia U-22 akan berhadapan dengan juara Grup A Myanmar di babak semifinal SEA Games 2019, Sabtu (7/12).

Kemenangan telak itu membuat Indonesia mengoleksi 12 poin dari lima laga. Osvaldo Haay dkk lolos dengan status runner up Grup B. Tim asuhan Indra Sjafri harus merelakan posisi juara grup ditempati Vietnam. Skuad asuhan Park Hang-seo kukuh di puncak usai bermain imbang 2-2 melawan Thailand di Stadion Binan pada saat bersamaan.

Tambahan satu poin membuat Vietnam mengoleksi 13 poin. The Golden Stars hanya unggul satu poin dari Timnas Indonesia, sedangkan Thailand tersingkir di fase grup.

Pasukan Garuda langsung menggebrak sejak menit awal. Hasilnya, Garuda Muda berhasil memecah kebuntuan saat laga baru berusia lima menit lewat aksi Saddil Ramdani. Saddil membuka keunggulan Timnas Indonesia U-22 melalui tendangan bebas yang dilesatkan tak jauh dari kotak penalti Laos. Berkat gol Saddil tersebut Timnas Indonesia pun langsung unggul cepat 1-0 atas Laos.

Akan tetapi, keunggulan tersebut tak serta merta membuat tim asuhan Indra Sjafri itu langsung aman. Sebab Laos nyatanya mampu memberikan tekanan ke pertahanan Timnas Indonesia U-22 usai gawang mereka dibobol Saddil. Bahkan, beberapa kali penyerangan Laos sempat membahayakan pertahanan Indonesia. Beruntung Andy Setyo dan Nurhidayat Haji Harris mampu meredam serangan demi serangan yang dilancarkan para pemain Laos.

Ketika mendapatkan serangan yang bertubi-tubi dari Laos itu, Timnas Indonesia U-22 juga sesekali mencoba mencuri kesempatan dengan melakukan serangan balik. Namun, kesempatan tersebut gagal dikonversikan menjadi gol.

Tak lama, laga babak pertama pun berakhir. Timnas Indonesia U-22 untuk sementara unggul 1-0 atas Laos.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-22 mencoba langsung menekan lini pertahanan Laos kembali. Sebab hanya unggul 1-0 atas lawannya tersebut belum cukup memberikan rasa aman untuk posisi Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-22– di klasemen Grup B.

Karena itu, sejak peluit babak kedua dibunyikan Saddil dan kawan-kawan langsung berupaya mencetak gol keduanya. Upaya mereka pun langsung terbalaskan di menit ke-47. Kali ini, giliran Osvaldo Haay yang mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Indonesia unggul 2-0 atas Laos.

Gol Tim Merah Putih pun kembali bertambah di menit 73. Semua itu bermula dari diberikannya Timnas Indonesia tendangan penalti oleh wasit karena pemain Laos telah melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Awalnya tendangan penalti sempat ditepis oleh kiper Laos, Solasak Thilavong. Akan tetapi, wasit ternyata menyatakan tendangan penalti itu untuk diulang. Sayangnya, di kesempatan kedua itu tendangan penalti Indonesia masih mampu ditepis oleh kiper Laos.

Beruntung, Bagas Adi mampu memasukkan bola muntahan tersebut. Alhasil, pada menit ke-73 itu skor pun berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-22 atas Laos. Namun, skor untuk Timnas Indonesia U-22 masih bertambah di menit ke-90+5 melalui aksi Osvaldo.

Tak lama kemudian, wasit meniupkan peluit panjang pertanda laga telah berakhir. Timnas Indonesia U-22 yang menang 4-0 atas Laos pun berhak melaju ke semifinal SEA Games 2019 dengan berstatus sebagai runner-up Grup B.

Hasil ini sudah cukup bagi Indonesia melaju ke semifinal dengan status runner up, sementara juara grup dikuasai Vietnam yang bermain imbang 2-2 lawan Thailand. (rak/rek)

(sb/rak/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia