Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Tipu Rekan Bisnis, ASN Dinas Pertanahan Divonis Satu Tahun Penjara

04 Desember 2019, 19: 23: 24 WIB | editor : Wijayanto

PASRAH: Terdakwa Lila Kusumawati usai menjalani sidang di PN Gresik.

PASRAH: Terdakwa Lila Kusumawati usai menjalani sidang di PN Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Aparat Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanahan Lila Kusumawati terbukti melakukan penipuan dan divonis hukuman satu tahun penjara. Vonis itu disampaikan majelis hakim Wiwin Arodawanti di ruang sidang II Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

Dalam amar putusan majelis hakim menyatakan, terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana penipuan senilai Rp 40 juta, " Terdakwa melanggar pasal 378 KUHP, menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 1 tahun," tegas Wiwin. 

Dikatakan, berdasarkan alat bukti dan saksi pada Jumat tanggal1 5 Desember 2017 sekitar pukul 19.00 WIB, terdakwa berdalih menipu untuk membayar hutang mantan suaminya yang sudah meninggal sebesar Rp 1 miliar. 

Akhirnya, Lila meminta uang senilai Rp 40 juta kepada Soedrajat dengan dalih untuk keperluan operasional perusahaan sebagai syarat penagihan invoice ke PT Citra Nusantara Energi.

Uang tersebut diberikan secara bertahap dengan cara tranfer. Uang tidak dipergunakan untuk operasional invoice seperti yang dijanjikan, namun lebih pada kepentingan pribadi.

Vonis tersebut conform atau sama dengan tuntutan JPU Sarief Hidayat yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 1 tahun pada sidang pekan lalu. (yud/han)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia