Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sambut Musim Hujan, Risma Sidak Rumah Pompa dan Tanggul

03 Desember 2019, 15: 11: 10 WIB | editor : Wijayanto

SIAGA: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat melakukan sidak di Tambakrejo, Pakal.

SIAGA: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat melakukan sidak di Tambakrejo, Pakal. (RAHMAT SUDRAJAT/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Menjelang musim hujan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sidak di rumah pompa yang berada di kawasan Krembangan. Setelah meninjau rumah pompa, Risma dan rombongan meninjau proyek pembangunan tanggul dan rumah pompa di kawasan Sumberejo, Pakal.

Risma mengatakan, rumah pompa tersebut dapat mengatasi banjir di Surabaya Barat. "Nanti air yang mengalir di kawasan Sumberejo bisa teratasi," kata Risma di Tambakrejo, Pakal.

Risma menjelaskan, saat ini ada tiga pompa yang sedang dibangun. Rencananya menambah enam pompa dengan kapasitas tiga meter kubik. "Alhamdulillah, rencananya pompa datang tanggal 10, tapi sekarang sudah datang. Insya Allah, minggu depan bisa dipasang," terangnya.

Dalam pembuatan tanggul tersebut, pemkot memanfaatkan tanah BTKD seluas 150 hektare. Sebanyak 1,5 hektare sudah dijadikan bozem. "Kami manfaatkan buat tanggul, bozem untuk resapan air, dan aliran rumah pompa," katanya.

Selain meninjau pembangunan tanggul sepanjang lima kilometer, Risma juga meninjau proyek pembangunan box culvert yang berada di kawasan Sememi. Proyek pembangunan itu masih kurang 1,8 kilometer. Tahun ini ditambahkan 800 meter. "Pembangunanannya multi years, Kontraknya akan habis pada bulan Agustus 2020," ujarnya.

Untuk mengatasi banjir di Surabaya Barat, pemkot mengandalkan pompa di wilayah Kandangan. Pemkot juga sudah menyiapkan genset. Risma berharap pada musim hujan nanti tidak terjadi genangan yang parah di berbagai kawasan. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia