Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tabebuya Jadi Ikon Surabaya, Risma: Perlu Dikembangkan Warga

02 Desember 2019, 16: 54: 00 WIB | editor : Wijayanto

EKSOTIK: Bunga tabebuya berwarna kuning menghiasi salah satu jalan protokol di Surabaya.

EKSOTIK: Bunga tabebuya berwarna kuning menghiasi salah satu jalan protokol di Surabaya. (ISTIMEWA/INSTAGRAm)

Share this      

SURABAYA - Bunga tebubaya yang berasal dari Brasil, Amerika Latin, ternyata tumbuh dan berkembang dengan baik di Surabaya. Bunga tabebuya yang ditanam 10 tahun lalu itu kini menjadi primadona warga. Karena itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berharap tabebuya bisa menjadi ikon Kota Surabaya.

Risma, sapaan akrab wali kota perempuan pertama di Surabaya itu, meminta warga agar memanfaatkan keindahan tabebuya dengan berbagai kegiatan yang produktif.  "Peluang jangan sampai lepas. Apabila punya kemampuan melukis, buat sebagus mungkin lukisan tentang suasana tabebuya saat bersemi," kata Risma di Jalan Raya Darmo.

Risma menambahkan, warga yang hobi membuat suvenir bisa segera mengambil peluang tersebut. Melihat bunga tabebuya yang begitu mempesona, menurut dia, tak ada yang tak mungkin dilakukan untuk mendapatkan nilai ekonomis dari tabebuya. "Tidak ada yang tidak mungkin. Mari kita kembangkan terus," imbuhnya.

Risma berharap, tahun-tahun mendatang masyarakat bisa memanfaatkan festival tabebuya dengan menjual berbagai suvenir menarik. Dengan begitu, perekonomian warga terus bergerak naik. Anak-anak muda juga bisa berkreasi dengan membuat foto-foto menarik yang bisa ditayangkan di media sosial.
 
Salah satu warga Surabaya Joko, sangat mengapresiasi upaya Wali Kota Risma yang menjadikan tabebuya sebagai tanaman peneduh sekaligus tanaman hias di Kota Surabaya. Dia berharap tanaman ini juga bisa dikembangkan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

"Saya yakin keberadaan tabebuya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Surabaya. Baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Apalagi foto-foto tabebuya di Surabaya sudah viral," katanya. (rmt/rek)
 

(ISTIMEWA)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia