Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
UC Gelar Penghormatan Terakhir untuk Ciputra

Doa dan Tabur Bunga Demi Sang Guru Enterpreneur Indonesia

30 November 2019, 13: 06: 19 WIB | editor : Wijayanto

TRIBUTE CIPUTRA: Segenap civitas akademika Universitas Ciputra Surabaya, menaruh bunga di depan foto Ir.Ciputra sebagai bentuk belasungkawa atas meninggalnya pendiri Ciputra Grup tersebut, di Universitas Ciputra.

TRIBUTE CIPUTRA: Segenap civitas akademika Universitas Ciputra Surabaya, menaruh bunga di depan foto Ir.Ciputra sebagai bentuk belasungkawa atas meninggalnya pendiri Ciputra Grup tersebut, di Universitas Ciputra. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

Bagi Civitas Akademis Universitas Ciputra, Ir Ciputra bukan hanya seorang entrepreneur handal. Ia adalah guru, pahlawan, yang membuka jalan bagi enterpreneurship masuk dalam dunia pendidikan. Seorang believer yang percaya, bahwa siapapun bisa jadi enterpreneur, demi Indonesia yang berdaya.

DOA BERSAMA: Segenap civitas akademi Universitas Ciputra mengheningkan cipta dan berdoa untuk Ir Ciputra.

DOA BERSAMA: Segenap civitas akademi Universitas Ciputra mengheningkan cipta dan berdoa untuk Ir Ciputra. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Civitas akademis Universitas Ciputra memberikan penghormatan terakhirnya kepada founder sekaligus guru abadi, Ir. Ciputra yang wafat Rabu, 27 November 2019.

Rektor, manajemen, staf, alumni juga mahasiswa berkumpul untuk berdoa dan mengenang kebaikan Ir. Ciputra. 

Selain doa, prosesi penghormatan terakhir ini juga diisi dengan pembacaan kesan-kesan baik pada sosok teladan yang disampaikan oleh rektor hingga mahasiswa. Dilanjutkan dengan prosesi penulisan kesan di atas kain sepanjang 30 meter, dan ditutup dengan hikmat dalam prosesi tabur bunga. 

Acara penghormatan berlangsung khidmat dan penuh haru. Seluruh civitas akademis yang mengenakan pakaian serba hitam serta pita hitam di lengan nampak khusuk menjalani prosesi. Menunjukkan betapa mereka hormat juga kehilangan sosok teladan. 

Rektor Universitas Ciputra, Yohannes Somawihardja menyampaikan, prosesi penghormatan terakhir ini akan berlangsung hingga kamis, bersamaan dengan pemakaman Ciputra.

Selama tujuh hari ini, setiap harinya UC membuka pintunya untuk pelayat yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada Pak Ci. Baik dengan tabur bunga maupun memberikan kesan-kesan. Termasuk akan diadakan acara pelepasan burung merpati putih, sebagai tanda mengantarkan Ciputra ke surga.

Universitas Ciputra merupakan satu wujud kongkrit jika ia menempatkan pendidikan dalam posisi tertinggi untuk membangun bangsa. Meraih masa depan seseorang. Prinsipnya, agar Indonesia, bisa menciptakan sebanyak mungkin lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat kita tak perlu mencari ke negeri orang.

"Beliau terlibat dalam pengelolaan institusi pendidikan sejak muda. Namun di Universitas Ciputra, beliau memberikan titik temu antara dunia pendidikan dan konsep Ciputra tentang pendidikan," katanya, Jumat (29/11).

Universitas Ciputra, lanjutnya merupakan curahan wisdom yang ia tempuh sepanjang hidupnya. Ia bersyukur, Ciputra menghabiskan masa tuanya membangun Universitas Ciputra sejak muda. 

Selain enterpreneurship yang adil dan baik, sosok.Ir. Ciputra yang melekat dalam benak sang rektor adalah seorang yang selalu ingin unggul, dengan pemikiran yang luas, dan pantang menyerah. 

Ciputra merupakan sosok believer. Ia yakin, bahwa anak petani, anak pengusaha, anak pedagang, semua bisa menjadi entrepreneur.

Yohannes menyampaikan, Ciputra lekat dengan salam 3E. Yakni tiga jari membentuk huruf E. Yang sebenarnya memiliki tiga makna. E pertama adalah enterpreneurship adalah bentuk ekspresi diri artinya totalitas dalam mengerjakan segala hal.

E kedua adalah menciptakan ekonomi sejahtera dengan enterpreneur artinya apa yang diciptakan harus bisa diterima orang lain. Menjawab kebutuhan sehingga mensejahterakan.  Ini yang penting dalam dunia enterpreneurship. Dan E terakhir adalah Empati kepada sesama dari hasil ber-enterpreneurship. (*/rud)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia