Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Faktor Genetik Bisa Picu Alergi Anak pada Makanan

29 November 2019, 18: 27: 39 WIB | editor : Wijayanto

MENGGANGGU: Salah satu anak yang terkena alergi.

MENGGANGGU: Salah satu anak yang terkena alergi. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Alergi makanan kerap terjadi pada anak-anak. Namun, sering kali alergi yang terjadi pada buah hati menimbulkan kecemasan bagi orangtua. Apalagi jika berdampak besar pada aktivitas si anak.

Dokter Septria Erlitarini, SpA, spesialis anak, menyampaikan bahwa alergi pada anak dapat disebabkan faktor genetik. Apabila orang tua tidak memiliki alergi bukan berarti anak juga tidak akan alergi. "Tetap bisa terkena alergi, tapi risikonya hanya 5-15 persen," terangnya di Surabaya kemarin.

Apabila salah satu orangtua atau saudara kandung alergi pada makanan tertentu, maka anak punya risiko alergi lebih besar. Sekitar 25-40 persen. "Paling tinggi risiko alergi bisa terjadi sampai 60 persen jika kedua orang tua alergi pada makanan tertentu," jelasnya.

Namun, upaya pencegahan alergi pada anak sangat mudah. Untuk pencegahan primer bagi anak-anak usia di bawah dua tahun dapat melalui ASI selama enam bulan. "Hal ini sudah disepakati di seluruh dunia," ujarnya.

Ini karena ASI dapat membentuk daya tahan tubuh pada anak. Sehingga anak memilki kekuatan yang cukup untuk melawan alergen yang masuk. "Selanjutnya, pencegahannya bisa dilakukan dengan cara eliminasi, yaitu menghindari makanan menyebab alerginya," sambungnya.

Alergi pada anak di usia pertumbuhan ada peluang untuk sembuh. Cara mengetesnya, setelah enam bulan coba lagi dikenalkan makanannya. Kalau sudah tidak ada reaksi lagi, maka bisa dikatakan sembuh. "Kecuali kalau alergi itu muncul ketika dewasa memang sudah tidak bisa disembuhkan," katanya.

Selain faktor genetik, pajanan alergen, kematangan usus, dan lingkungan juga bisa menyebabkan alergi. "Faktor lingkungan berpegaruh besar terhadap tercetusnya alergi," katanya. (cin/rek)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia