Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Akrindo Dorong Koperasi Jadi Ritel Modern

29 November 2019, 07: 50: 55 WIB | editor : Wijayanto

Akrindo Dorong Koperasi Jadi Ritel Modern

GRESIK - Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (Akrindo) berharap koperasi yang sudah memiliki aset bisa menopang koperasi di bawahnya. Hal ini dilakukan untuk menghadapi kompetisi usaha yang kini semakin ketat.

Ketua Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (Akrindo) Sudikno mengatakan, koperasi besar bisa dilakukan dengan menjadi supplier atau penyuplai barang kepada koperasi kecil. “Beberapa waktu lalu, telah menjalin kerjasama dengan salah satu koperasi milik BUMN. Hasilnya mereka bersedia mencari sister koperasi untuk menerima barang ritelnya,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini jumlah koperasi di Gresik tidak kurang dari 320 koperasi. Angka itu menjadi potensi untuk membentuk sebuah holding company yang bekerjasama dengan para principle besar yang dapat berkontribusi pada ritel koperasi.  “Harapan kami, seluruh koperasi bisa bersinergi dan membentuk holding company. Dengan adanya holding tersebut akan tercipta koperasi yang memiliki kekuatan besar baik dari sisi dana maupun SDM,” jelasnya. 

Di tempat yang lain, Ketua Pengurus Koperasi Keluarga Karyawan PT Petrokimia Gresik, Rohmad menegaskan pihaknya siap memberikan dukungan terhadap koperasi kecil di bawahnya. Salah satu prinsip dasar koperasi merupakan gotong royong demi kesejahteraan anggota.

“Apabila ada koperasi kecil yang ingin menjadi patner kami siap supply semua kebutuhannya. Tentunya, sesuai dengan syarat yang telah disepakati,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Koperasi Warga Semen Gresik, Rudhy Rianto mengaku pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Akrindo Gresik berupa pemanfaatan distribution center (DC). Kerjasama tersebut yakni dengan menyediakan  barang dengan harga kompetitif melalui discount quantity. “Sejak awal kami mendorong koperasi ritel tradisional menuju koperasi ritel modern untuk meningkatkan omzet penjualan melalui jaringan usaha bersama,” tegasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia