Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Ditutup, Jumlah Pendaftar CPNS di Pemprov Jatim Menurun

28 November 2019, 16: 55: 45 WIB | editor : Wijayanto

PANTAU: Kepala BKD Jatim Anom Surahno (berdiri) mengecek data pendaftaran CPNS Jatim.

PANTAU: Kepala BKD Jatim Anom Surahno (berdiri) mengecek data pendaftaran CPNS Jatim. (MUS PURMADANI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) ditutup Selasa (23/11) pukul 23.11 WIB. Data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur menyebutkan, ada 59.588 pelamar yang telah mengisi formulir. Sedangkan yang sudah submit mencapai 57.314 pendaftar.

"Yang memenuhi syarat 15.763 pendaftar. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat 1.815 pendaftar.  Sedangkan yang belum diverifikasi 39.736," kata Kepala BKD Jatim Anom Surahno.

Seluruh pendaftar yang sudah submit akan diverifikasi. Pengumuman pendaftar CPNS yang lolos seleksi administrasi pada 16 Desember pada laman sscn.bkn.go.id.

Mantan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim ini menambahkan, setelah pengumuman yang lolos seleksi, ada masa sanggah selama tiga hari. Jadwalnya masih tunggu pemerintah pusat.

Anom mengatakan, tahun ini jumlah pendaftar CPNS mengalami penurunan. Tahun 2018 pendaftar CPNS Jatim mencapai 63 ribu. Padahal, sebelumnya pendaftar CPNS 2019 diprediksi tembus 83 ribu. "Bisa jadi faktor IPK. Tahun lalu IPK 2,75 masih bisa mendaftar. Kalau tahun ini minimal 3,00," jelasnya.

Anom menambahkan, tahun ini dokter spesialis sepi peminat. Yang belum ada peminatnya adalah untuk formasi dokter spesialis fisik dan rehabilitasi. Kemudian dokter spesialis kulit dan kelamin hanya satu orang yang mendaftar. Dokter spesialis radiologi juga hanya satu pendaftar.

Begitu juga dokter spesialis urologi hanya dua orang yang mendaftar. Dokter spesialis bedah saraf ada dua peminat. "Yang tidak terpenuhi biasanya kita pakai program short course. Diambil dari program pelatihan," pungkasnya. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia