Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Selamat Jalan Pak Ci, Bapak Real Estate Indonesia

28 November 2019, 13: 42: 48 WIB | editor : Wijayanto

Ir. Ciputra

Ir. Ciputra (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Founder Ciputra Group, Ir Ciputra, tutup usia di Singapura, Rabu (27/11). Pria bernama asli Tji Tjin Hoan ini tutup usia pada 88 tahun. 

Berpulangnya begawan properti dan media ini pastinya menyisakan duka mendalam bagi keluarga, kerabat dan koleganya. Tidak sedikit dari mereka yang menyampaikan kenangan dari sosok kelahiran Parigi, Sulawesi ini.

Seperti yang disampaikan Direktur PT Ciputra Development Tbk Agung Krisprimandoyo. Ia mengungkapkan bahwa Ciputra adalah seorang panutan yang komplit. Sebagai visionaris dalam bidang usaha, entrepreneur, seni, dan pendidikan.

Bahkan Agung selalu mengingat contoh yang diberikan Ciputra, yakni segala sesuatu harus diupayakan dan tidak lupa disertai doa.

"Pak Ci ingin selalu mengajarkan bahwa kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Butuh keringat agar kuat, harus punya hati yang luas biar menjadi arif, perlu pilihan doa agar selalu berpengharapan, dan sesekali cucuran air mata supaya kita mawas diri. Saya kehilangan guru terbaik. Meski memasuki usia 88 tahun, idealisme Pak Ci tetap remaja," ujarnya. 

Direksi Ciputra Group Denny Bernardus menyampaikan kenangannya bersama Ciputra. Denny menyebutnya sebagai pencerahan tiga menit yang bukan hanya merubah hidupnya.

Namun terlebih menunjukkan prioritas utama pikiran dan hidup Ciputra bukanlah membesarkan bisnis atau dirinya bahkan keluarganya. Terlebih adalah Ciputra telah menyatu menjadi bagian asset dari bangsa Indonesia untuk berkontribusi meningkatkan kesejahteraan bangsa. 

"Selamat jalan Pak Ciputra. Semangat dan cita-cita Indonesiamu menjadikan anak-anak dari Sabang sampai Merauke, yang di gunung dan di pantai, mereka yang anak petani, anak nelayan, anak guru menjadi entrepreneur akan kami terus kobarkan dan lanjutkan bersama," ujarnya

Associate Director PT Ciputra Development Tbk Andy Soegihardjo menyebutkan bahwa Ciputra adalah sosok atau figur pengusaha satu-satunya di Indonesia bahkan dunia yang memiliki jiwa entrepreneur luar biasa.

Ia mampu mengubah kotoran menjadi emas serta sangat peduli terhadap pendidikan. Mempunyai keteguhan hati dan komitmen tinggi dalam bekerja. "Salah satu pesan beliau yang selalu saya ingat, janji adalah hutang dan hutang harus dibayar. Selamat Jalan Pak Ci," ujarnya. 

General Manager Citra Harmoni Hartono Winarko mengungkapkan kekagumannya pada Ciputra karena menurutnya sosok Ciputra adalah paket lengkap. "Jarang ada orang yang baik di agama, sosial dan budaya. Keuangan maupun Ilmu Pengetahuan. Untuk yang tinggal di Surabaya pasti tahu CitraLand, siapa yang menyangka lokasi ujung dunia gersang dan tidak ada access sekarang menjadi seperti sekarang ini," ujarnya. 

General Manager Citra Garden Sidoarjo Vica Yustisiana menyebutkan bahwa Ciputra merupakan sosok yang sangat visioner. Sekaligus mampu mewujudkan visi-visi dalam karya nyata.

"Bagi saya, warisan yang paling berharga dari Pak Ciputra adalah semangat IPE Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship. Beliau berhasil menanamkan nilai-nilai ini dalam darah dan semangat semua anak buahnya," ujarnya. 

Tak hanya orang dalam, kolega Ciputra juga menyampaikan kesan kesannya. Presiden Direktur Lippo John Riady menuturkan, Indonesia telah kehilangan seorang tokoh, pemimpin dan salah satu putra terbaiknya, Bapak Real Estate Indonesia Ir. Ciputra.

"Pak Ci melalui Ciputra Grup adalah pelopor bagi industri properti di Indonesia. Lebih luas dari sektor properti, kontribusi Pak Ciputra pada bangsa dan negara di bidang pendidikan dan kesenian telah banyak membantu masyarakat Indonesia," ujarnya. 

"He is a legend, professional, trustworthy, and man of honor, in his whole life he consistently focus on property construction, never changes, hardworking, never have a negative news, so he will always be remembered as father of property," ujar Founder Mayapada Group Dato' Tahir. 

Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Jawa Timur Rudy Sutanto menyampaikan bahwa Ciputra merupakan sosok yang memiliki integritas dalam memberikan yang terbaik bagi konsumen. Selain itu juga selalu mendorong semua orang untuk terus maju.

"Sosok Pak Ci sangat hummble, visioner, dan punya keyakinan untuk mewujudkan dan menetapi janji. Beliau mengajarkan bahwa nama baik dan kejujuran adalah hal yang penting," ujarnya. 

Ciputra lahir di Parigi, 24 Agustus 1931 merupakan orang pertama yang mengadakan pameran perumahan di Indonesia. Kala itu, pameran digelar selama 17 hari, mulai tanggal 14-31 Agustus 1977 dengan nama Pameran Rumah Idaman.

Ciputra adalah seorang arsitek yang kemudian terkenal sebagai pengusaha properti terkemuka di Indonesia. Ia menjalani masa kecil yang tidak mudah karena harus kehilangan ayahnya yang ditangkap dan ditahan tentara penjajah.

Setelah kehilangan ayahnya, Ciputra menjadi tulang punggung keluarga. Sejak kecil, Ciputra sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap dunia bisnis, arsitektur dan seni, yang tercermin dari intuisinya dalam merenovasi sebuah bangunan gudang. 

Selain dikenal sebagai pemilik bisnis properti Jayaland, Metropolitan, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai dan Ciputra Development, Ciputra juga merupakan tokoh entrepreneurship dan filantrophis.

Ciputra tak hanya mendedikasikan hidupnya pada keluarga dan perusahaan saja. Beliau juga aktif berkegiatan di bidang sosial kemasyarakatan, antara lain menularkan semangat entrepreneurship, pengembangan olahraga, dan penyelenggaraan pendidikan. Ciputra juga sangat mencintai dunia seni, terutama seni lukis dan seni patung. (cin/jay)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia