Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Lowongan Kerja Menurun, Pengangguran Diprediksi Capai 5 Persen

28 November 2019, 08: 07: 03 WIB | editor : Wijayanto

PADAT PENGUNJUNG: Gelaran bursa kerja terbuka di Mal Pelayanan Publik diminati para pencari kerja.

PADAT PENGUNJUNG: Gelaran bursa kerja terbuka di Mal Pelayanan Publik diminati para pencari kerja. (HILDAN SEPKA/RADAR GRESIK)

Share this      

SIDOARJO - Bursa Kerja Terbuka (BKT) kedua kalinya digelar di Sidoarjo, Rabu (27/11). Acara tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo untuk menekan angka pengangguran.

Kepala Disnaker Sidoarjo Fenny Apridawati menjelaskan, meski menurut prediksinya di tahun ini angka pengangguran akan naik. Tapi pihaknya akan terus berupaya agar hal itu tidak terjadi.

Di antaranya menyediakan BKT dan bursa kerja khusus yang menggandeng lulusan SMK. “Mewujudkan link and match antara lulusan SMK dengan dunia usaha-industri,” ujarnya.

Hal itu agar jumlah pengangguran akan terus menurun. Di tahun 2017 angka pengangguran mencapai angka 4,97 persen. Di tahun 2018 menurun di angka 4,73 persen. Pada tahun 2019 ini mungkin akan naik. Pihaknya memprediksi angka pengangguran mencapai kurang lebih di angka 5 persen. “Banyak yang mempengaruhi,” terangnya.

Dalam acara BKT kali ini terdapat 66 perusahaan. Namun, dari jumlah tersebut peluang bagi pencari kerja baru menurun di angka 1.222 lowongan. Dibandingkan dengan BKT Juli lalu mencapai angka 1.400 lowongan. Selain itu BKT mampu mencatat sekitar 4.000 pendaftar. “Hanya sekitar 2.000 yang datang,” imbuhnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap BKT tahun ini dapat maksimal. Timbul kerjasama baik antara pencari kerja dengan perusahan.

Dengan banyaknya pelamar yang diterima, maka berdampak menurunnya angka pengangguran di Sidoarjo. Diharapkan ada komunikasi yang baik antara pekerja dengan perusahaan. “Agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja,” pungkasnya. (hil/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia