Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Satpol PP Robohkan 21 Bangunan Liar di Bligo, Candi

26 November 2019, 00: 05: 50 WIB | editor : Wijayanto

RATA DENGAN TANAH: Satpol PP robohkan bangunan tak sesuai aturan di Desa Bligo, Candi.

RATA DENGAN TANAH: Satpol PP robohkan bangunan tak sesuai aturan di Desa Bligo, Candi. (HILDAN SEPKA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Bangunan liar (bangli) tak berizin dan menyalahi aturan mulai ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sidoarjo. Penertiban yang melibatkan pihak kepolisian dan TNI dilakukan di Desa Bligo, Candi, berlangsung tertib. 

Kasi Binwaslu Satpol PP Sidoarjo Anas Ali Akbar menjelaskan, terdapat 21 bangunan permanen dan semi permanen yang dibongkar. Sebab bangunan tersebut melanggar garis sempadan jalan dan saluran.

Selain itu rata-rata bangunan tidak memiliki izin mendirikan bangunan. “Kami sudah berkordinasi dengan beberapa pihak,” ujarnya.

Sebab lokasi bangunan tersebut berada di Jalan Raya Bligo. Diketahui jalan tersebut merupakan di bawah wewenang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (BBPJN VIII). Sehingga pihaknya telah melakukan kordinasi dengan BBPJN VIII sejak empat tahun lalu.

Untuk membantu melakukan penertiban di sepanjang Waru hingga Porong. “Agar Sidoarjo lebih baik lagi,” terangnya.

Dalam pelaksanaan pembongkaran ini pihaknya sudah melayangkan pemberitahuan dan sosialisasi sejak Jumat, (11/10) lalu. Hal itu dilakukan sebab disesuaikan dengan prosedur.

Harapannya agar tidak terjadi konflik antara pemilik bangunan dan satuan yang hendak melakukan penertiban. “Pembongkaran berlangsung tertib dan aman,” tegasnya.

Ada beberapa titik lagi yang menjadi fokus Satpol PP. Dia menyebutkan ada tiga tempat setelah pombangkaran yang dilakukan kemarin (25/11). Diantaranya yaitu Bulusidokare, Porong dan Tambaksawah.

Pihaknya mengaku telah menerjunkan satuan untuk melakukan peninjauan lapangan. “Kami masih menunggu laporan,” pungkasnya. (hil/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia