Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Dorong Konsumsi Ikan, Rencanakan Sentra Seafood Kenjeran

25 November 2019, 16: 53: 04 WIB | editor : Wijayanto

HASIL LAUT: Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat acara kampanye Gemar Makan Ikan di Parkir Timur Delta Plaza, Minggu (24/11).

HASIL LAUT: Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat acara kampanye Gemar Makan Ikan di Parkir Timur Delta Plaza, Minggu (24/11). (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Pemanfaatan sumberdaya perikanan di Surabaya terus digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Hal tersebut untuk mendukung program Gemar Makan Ikan. Menurut Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, langkah tersebut dilakukan mengingat konsumsi ikan warga Surabaya masih rendah.

Berdasarkan Data Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur (Jatim), tingkat konsumsi ikan masih 20 persen, dibandingkan dengan tingkat konsumsi daging dan ayam.

“Program pemberdayaan hasil olahan perikanan menjadi fokus perhatian kedepan. Salah satunya menjadikan  pemberdayaan wilayah pesisir Kenjeran dan Bulak masuk ke dalam program Subculture Suramadu. Termasuk pemberdayaan ekonomi nelayan pesisir dalam produk olahan perikanan,” katanya.

Whisnu mengungkapkan, nantinya revitalisasi wilayah tersebut akan dibuat sebagai sentra kuliner seafood layaknya Batam. ”Ada rantai distribusi mulai hasil tangkapan nelayan, yang langsung dijual pada restoran-restoran. Sehingga pemberdayaan ekonomi akan tercipta,” ungkapnya.

Program kampanye Gemar Makan Ikan ini direspon positif oleh perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Edi Rukyanto. ”Dukungan ini setidaknya nanti menjadi sinergisitas antara DKP Provinsi Jatim dengan Pemkot Surabaya dalam mendukung program kementerian (Kementerian Kelautan dan Perikanan, Red) Gemar Makan Ikan untuk masyarakat,” pungkasnya. (rmt/nur)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia