Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

YPM Taman Pamerkan Hasil Karya Inovasi Siswa

22 November 2019, 22: 06: 27 WIB | editor : Wijayanto

TEPAT GUNA: Mesin elektro pneumatick karya siswa SMK YPM 1 Taman banyak mendapat perhatian pengunjung.

TEPAT GUNA: Mesin elektro pneumatick karya siswa SMK YPM 1 Taman banyak mendapat perhatian pengunjung. (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Lima sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Taman pamer hasil karya. Mereka adalah SMP YPM 1 Taman, SMA Wachid Hasyim 2, SMK YPM 1 Taman, SMK YPM 2 Taman dan SMK YPM 3 Taman.

Bertempat di aula Graha Anugerah Gusti Jalan Raya Ngelom 86, Jumat (22/11), beragam hasil karya ilmiah dan kewirausahan tersebut dipresentasikan. 

Ketua panitia, Agus Setiawan menjelaskan, pameran ini digelar sebagai wadah menunjukkan hasil inovasi siswa dalam hal cipta karya alat dan kewirausahaan yang dapat digunakan di kehidupan sehari-hari. 

INOVATIF: Agus Setiawan (baju batik) mendampingi siswa SMK YPM 3 Taman di pameran hasil karya siswa-siswi YPM Taman, Jumat (22/11).

INOVATIF: Agus Setiawan (baju batik) mendampingi siswa SMK YPM 3 Taman di pameran hasil karya siswa-siswi YPM Taman, Jumat (22/11). (RIZKI PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap anak-anak yang telah berhasil membuat beberapa karya tersebut. “Bermacam-macam jenis alat yang berhasil diciptakan mereka,” terangnya.

Yang menarik, mereka berhasil membuat makanan dari bahan sayuran tanpa bahan pengawet. Di antaranya es krim esterivikasi, kacang telur aneka rasa, kripik pisang krispi, dan kripik pare.  

Dengan karya siswa-siswi yang sangat inovatif ini, YPM berharap mampu mencetak lulusan yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri. 

"Mendorong anak-anak untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif, sehingga akan selalu muncul ide-ide segar dalam mewujudkan inovasi alat-alat," katanya. 

Menurut dia, di masa mendatang, siswa dituntut untuk memiliki kemandirian dan kematangan. “Begitu lulus, secara mental dan cara keahliannya bisa ikut bersaing di dunia industri baik tingkat nasional dan internasional,” imbuhnya. 

Ketua Jurusan Teknik Mesin SMK YPM 1 Taman, Nur Yahya menjelaskan, salah satu mesin yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah elektro pneumatick. 

Ini adalah sebuah inovasi mesin elektro hidrolis. “Tingginya biaya pemakaian oli pada mesin hidrolis dapat diganti dengan oksigen yang berasal dari kompresor,” jelasnya. 

Dengan karya tersebut, siswa diajak terlibat merangkai mesin. Hal ini menambah pengetahuan dan keahlian pada mesin-mesin industri yang tepat guna. (rpp/jay)

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia