Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Diusir Istri, Cari Sandaran Wanita Lain, Malah DIriwuki

22 November 2019, 04: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Share this      

Mungkin ini yang dinamakan tak lagi cinta, tapi tak mau melepaskan. Sudah seenaknya mengusir suami dari rumah, giliran suami cari sandaran lain, ia panas. Tak terima.

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Yo ngene iki kelakuane Karin, 56. Usia sudah tua, tapi tak bisa dituakan. Hampir sweet sixty tapi kelakuan makin labil. Yang terakhir, ia bahkan mengusir suaminya sendiri, Donwori, 62. Yang sebelumnya terlibat cekcok gara-gara uang pensiunan habis sehari untuk belanja.

"Aku diwara wes gak berguna. Gak iso membahagiakan.  Telung wulan aku ngontrak. Soale diusir ambek bojoku," curhat Donwori saat berada di ruang tunggu Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya beberapa pekan lalu.

Meski status keduanya masih pasangan suami istri, tak ada interaksi yang berarti antara Karin dan Donwori. Bahkan, Karin terkesan cuek. Mau suaminya sakit, mau kelaparan juga, Karin tak peduli.

Selama berbulan-bulan itu, Donwori layaknya bujang kembali. Ia hidup apa-apa sendiri, tak ada yang mengurus. Cuci pakaian ke laundry, untuk makan harus beli. Dari sinilah, ia punya inisiatif untuk menikah lagi. Barangkali, pikirnya,  dengan menikah lagi, ada perempuan yang lebih beneh yang mau mengurus sisa hidupnya.

Singkat cerita, kenalanlah Donwori dengan seorang wanita. Yang ditinggal nikah lagi oleh suami dan ditelantarjan begitu saja. Karena merasa senasib seperjuangan, Donwori dan Sephianya ini nyambung. Hingga akhirnya jadilah keduanya pasangan kencan.

Layaknya pasangan kekasih, Sephia beberapa kali mendatangi kontrakan Donwori. Jadi teman bicara sekaligus teman bercinta. Donwori bahagia, begitu pun Sephianya. Wajar, kan sama-sama kesepiannya.

Namun suatu ketika, sudah adem ayem hidup Donwori, datang Karin secara tiba-tiba. Ia juga tiba-tiba ngamuk tak terkendali. Usut punya usut ia mengendus perselingkuhan yang dilakukan Donwori.

Donwori sendiri sebenarnya bukannya takut kepek sama istri. Sama sekali tidak malah. Namun yang ia bingungkan adalah, sudah berbulan-bulan tinggal di luar, Karin sama sekali tak perduli. Nah giliran Donwori punya pasangan lain, tiba-tiba datang ngrusuhi.

"Loh yoopo karepe. Wingi-wingi wes pernah tak ajak cerai yo gak gelem. Padahal sak omah blas gak sopo-sopoan. Saiki giliran aku diusir, wes urip penak ambek wong liyo, ora terimo. Jalukane piye jal," ujarnya bingung.

Akhirnya, karena sudah muak meladeni sikap labil Karin, juga karena sudah kadung terikat dengan Sephia selingkuhannya, Donwori kini maju lagi. Memperjuangkan perceraiannya. Tak perduli Karin bicara apa. "Mbiyen sik tak betah-betahno, suwe-suwe wegah. Nuruti kekarepane tan soyo bubrah," pungkasnya. Lheh, kok malah nyanyi! (*/opi)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia