Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Antisipasi Cuaca Buruk, DLH Gresik Perampingan Pohon

21 November 2019, 16: 22: 32 WIB | editor : Wijayanto

GANTI MUSIM: Petugas DLH Pemkab Gresi melakukan perampingan di Jalan Usman Sadar.

GANTI MUSIM: Petugas DLH Pemkab Gresi melakukan perampingan di Jalan Usman Sadar. (YUAN ABADI/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik melakukan perampingan pohon di seluruh ruas jalan di Gresik. Kegiatan ini untuk mengantisipasi datangnya angin kencang yang kerap terjadi pada pergantian musim. Tak hanya  perampingan, petugas juga memotong pohon yang sudah rapuh. 

Kepala DLH Gresik, Moh Najikh mengatakan pergantian musim dari kemarau ke penghujan seringkali disertai angin kencang. Hal ini berpotensi mematahkan ranting pohon yang berada di pinggir jalan. Hal itu tentu membahayakan pengguna jalan. 

“Untuk itu kami mengantisipasinya dengan melakukan perampingan itu,” ungkapnya. 

Najikh mengatakan informasi terakhir yang diterima, BMKG memprediksi jika angin kencang akan terjadi akhir-akhir bulan ini.  Sehingga pihaknya ingin memastikan jika tak ada pohon yang rawan. 

“Pohon yang rantingnya banyak dan kadang menumpuk dengan kabel listrik langsung kami pangkas,” terangnya. 

Dia mengatakan ada puluhan petugas yang dikerahkan DLH untuk memantau kondisi pohon-pohon di ruang terbuka hijau atau ruwas jalan. Mereka biasa berkeliling ke sejumlah kawasan di Gresik untuk memeriksa pohon-pohon itu.

“Tak hanya bagian ranting kami juga periksa batang pohon dan memastikan dalam kondisi kuat,” terangnya. 

Pihaknya juga meminta masyarakat atau pengguna jalan yang mendapati pohon dalam kondisi membayahayakan agar segera melapor. Pihaknya akan menindaklanjutinya sebelum ada korban. 

“Kami sudah siapkan peralatan pemangkasnya. Sehingga jika terjadi poho tumbang atau yang lain kami akan memberikan respon cepat,” pungkasnya. 

Selain pohon, Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik juga bekerja. Ada beberapa petugas yang diminta mengencek terkait tiang penerangan jalan umum (PJU) jelang musim pancaroba ini. Meski demikian, pihak dishub belum menemukan adanya tiang PJU yang rusak atau keropos. 

“Sebab PJU tersebut belum lama diganti. Tak hanya tiang tapi jenis lampunya juga diganti LED,” ungkap Kadishub Gresik Nanang Setiawan.  (yua/rof)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia