Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Jelang Musim Hujan, Dewan Minta Box Culvert Dikebut Siang-Malam

16 November 2019, 15: 13: 52 WIB | editor : Wijayanto

CEGAH BANJIR: Pekerja menyelesaikan pengerjaan box culvert di kawasan Surabaya Barat beberapa waktu lalu.

CEGAH BANJIR: Pekerja menyelesaikan pengerjaan box culvert di kawasan Surabaya Barat beberapa waktu lalu. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pembangunan box culvert saat ini terus didorong agar segera tuntas. Komisi C DPRD Surabaya berharap agar pembangunan box culvert bisa dipercepat mengingat sudah mendekati musim hujan.

Ketua Komis C DPRD Surabaya, Baktiono mengatakan saat ini Komisi C DPRD Surabaya mendorong pemkot dan kontraktor untuk segera menyelesaikan proyek box culvert yang ada di Surabaya.

“Kami meminta Dinas PU juga segera menyelesaikan pekerjaan itu. Kami dari komisi C mendorong dan meminta kepada kontraktor untuk bekerja siang malam agar menyelesaikan pekerjaan tersebut karena ini mendekatai musim hujan,” kata Baktiono. 

Baktiono menjelaskan bahwa komitmen tersebut tidak boleh dengan pekerjaan yang asal-asalan. Termasuk perlu dihindari banyaknya box culvert ditumpuk dipinggir jalan.  Menurutnya, pembangunan perlu dikebut agar manfaatnya bisa dirasakan manfaat dari pembangunan tersebut.

 Mengingat pembangunan box culvert salah satunya untuk mengatasi banjir. Dengan pembangunan yang tuntas maka akan tercipta konektisitas saluran satu sama lainnya. Dengan pembangunan box culvert yang terkoneksi, maka aliran air akan lancar dan bisa mencegah banjir. 

Baktiono mengungkapkan bahwa saat ini daerah yang menjadi langganan banjir yakni di wilayah barat dan timur. Sedangkan untuk kawasan tengah sudah hampir selesai. “Tapi tidak menutup kemungkinan di Surabaya Utara itu perlu diperhatikan dengan dibangun box curlvet banyak, untuk mengatasi banjir,” imbuhnya

Selain itu Baktiono juga mengusulkan agar perlu ada tim khusus untuk merawat saluran. “Jadi 1.200 orang yang disediakan perlu ditambah. Harusnya ada tim khusus agar bisa berkeliling agar tidak ada lagi saluran tersumbat karena sampah dan sejenisnya,”pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Erna Purnawati menyampaikan jika pembangunan box culvert salah satu solusi untuk mengurangi genangan air dan memperlancar aliran air.   Untuk mengantisipasi genangan air, Pemkot sudah membangun box culvert  di beberapa kawasan, seperti di Sememi, Manukan, Dr. Soetomo, Diponegoro, Kertajaya, Indapura, Wiyung, Jalan Semarang dll. Tujuan pembangunan itu tak lain untuk memperbanyak daya tampung air ke drainase. (*/rmt)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia