Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Perkuat Plengsengan Sungai Pagerwojo, DPUBM Pasang Sheet Pile

16 November 2019, 14: 47: 40 WIB | editor : Wijayanto

BONGKAR : Beberapa petugas lapangan saat melakukan pembongkaran ujung pagar pembatas antara sungai dan jalan.

BONGKAR : Beberapa petugas lapangan saat melakukan pembongkaran ujung pagar pembatas antara sungai dan jalan. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Pembangunan sheet pile di sisi utara sungai yang berada di Jalan Pagerwojo itu kini terus berlanjut. Di sisi utara sungai yang berbatasan dengan jalan itu, pohon-pohon mulai terus ditebang. Sebab, dua alat berat yang akan digunakan untuk keperluan sheet pile nampak sudah ada di lokasi.

Kabid Taman dan PJU Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Moch Rochjadi menuturkan, pohon-pohon yang berada di sisi selatan jalan memang terus ditebang. Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses pembangunan sheet pile. Sebab, pembongkaran mulai dilakukan. “Biar tidak menganggu proses pembangunan,” katanya kepada Radar Sidoarjo 

Sementara itu, di lokasi, beton-beton panjang mulai diturunkan menggunakan alat berat ke dalam sungai. Benton-beton tersebut nantinya akan dipasang sebagai pengganti plengsengan sebelumnya. Sebab, di beberapa sisi utara sungai itu,  nampak penahan tanah sudah mulai longsor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBM SDA) Sidoarjo Sunarti Setyaningsih mengatakan, pembangunan sheet pile sekitar 600 meter itu akan menyambung sheet pile yang berada di sisi utara sebelah barat. Sebab itu merupakan rangkaian pembangunan. “Itu kelanjutannya, jadi nanti nyambung,” ujarnya.

Sebelumnya, pembangunan sheet pile memang sudah dilakukan di sebelah barat sisi utara sungai. Di pembangunan sheet pile sebelumnya, nampak dibangun pagar yang menjadi pembatas antara jalan dan sungai. Sedangkan sisi yang belum dibangun sheet pile hanya ditanam pohon-pohon.

Kini, ujung pagar tersebut mulai dilakukan pembongkaran. Di lokasi, petugas lapangan nampak memotong tiang pagar. Selain itu, petugas juga mulai melakukan pembongkaran pondasi pagar dibagian ujung. “Karena nanti pembangunan akan nyambung kesini,” kata salah satu pekerja lapangan. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia