Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Gudang Kelapa di Bendul Merisi Terbakar, 8 Mobil dan Warung Ludes

16 November 2019, 13: 05: 01 WIB | editor : Wijayanto

GOSONG: Petugas PMK melakukan pembasahan di lokasi kebakaran gudang bongkar muat kelapa di Pasar Bendul Merisi.

GOSONG: Petugas PMK melakukan pembasahan di lokasi kebakaran gudang bongkar muat kelapa di Pasar Bendul Merisi. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

Surabaya – Kebakaran hebat melanda Pasar Beras Jalan Bendul Merisi, Sabtu (16/11). Kebakaran itu menghanguskan sebuah gudang bongkar muat kelapa, 8 unit mobil dan beberapa warung di kawasan pasar tersebut. Sedikitnya 10 unit mobil pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

Informasinya, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.45. Pertama kali api diduga berasal dari belakang gudang bongkar muat kelapa yang terbakar. "Api muncul dari belakang gudang bongkar muat kelapa," kata Jakfar, salah satu warga, Sabtu (16/11). 

Dia mengatakan, warga sekitar sempat berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Namun karena banyaknya barang yang mudah terbakar seperti serabut kelapa dan hembusan angin yang kencang memudahkan api cepat membesar. 

"Yang terbakar gudang bongkar muat kelapa, nangka, dan warung kopi. Juga ada beberapa mobil yang diparkir di sana dan tempat jual beli besi bekas yang ikut terbakar," katanya. 

Setelah membakar gudang bongkat muat, api memang merembet ke selatan membakar tempat parkir yang dikelola warga. "Yang terbakar di situ ada sedikitnya 10 mobil," ucap salah satu pemilik pobil yang turut terbakar, Nurudin.

Dari pantauan Radar Surabaya hingga sekitar pukul 12.20, petugas PMK Kota Surabaya masih melakukan pembasahan di tempat tersebut. Kebakaran ini sempat membuat polisi terpaksa menutup arus lalu lintas di bawah fly over Mayangkara yang menuju ke RSAL dan Ahmad Yani.

Pasalnya, arus lalu lintas dari arah Surabaya menuju Jalan Ahmad Yani tersebut padat cenderung macet oleh warga yang menyaksikan kejadian itu. Pengguna jalan pun diarahkan naik fly over atau putar balik ke kawasan RSI.

Sementara itu, Kapolsek Wonokromo AKP Christopher Adhikara Lebang mengatakan bahwa kebakaran terjadi di gudang pembongkaran kelapa yang mengakibatkan seisi gudang ludes, ditambah 8 kendaaran roda empat, warung dan kios-kios yang ada di sekitarnya.

“Untuk penyebab kebakaran dan asal titik api masih dalam penyelidikan. Sementara ini kita masih fokus pada pemadaman dan penyelamatan barang-barang yang bisa diselamatkan,” katanya. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia