Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Masa Peralihan Musim, Jatim Waspada Angin Kencang

15 November 2019, 16: 12: 10 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/JAWAPOS)

Share this      

SURABAYA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Suban Wahyudiono meminta masyarakat waspada terkait fenomena angin kencang. Dimana angin kencang telah melanda Jatim beberapa hari terakhir.

"Peralihan dari musim kemarau ke penghujan disertai angin kencang melanda sejumlah daerah, seperti Tuban, Bojonegoro, Lumajang, dan Batu," ujarnya.

Suban mengatakan pihaknya memprediksi hujan disertai angin kencang masih terus terjadi hingga awal Desember. Menurutnya kecepatan angin rata-rata 45 kilometer per jam. "Hasil koordinasi dengan BMKG ada angin kecang yang kecepatannya rata-rata 45 kilometer per jam," jelasnya.

Suban mengatakan pihaknya telah mengirim bantuan personel dan logistik berupa 1350 terpal, 500 pakaian pria dan 500 pakaian wanita. Sedangkan, Dinas Sosial Provinsi Jatim juga memberikan bantuan 500 sembako, 75 alat kebersihan, 16 family kit, 25 kids ware, 50 matras, 24 paket sandang, 16 peralatan dapur, 20 kasur dan 50 tenda gulung.

"Kami juga membentuk Agen Bencana Jatim yang akan menjadi kepanjangan tangan BPBD Jatim. Dalam menghadapi bencana, kesiapsiagaan menjadi salah satu penentu keselamatan seseorang," tegasnya.

Sementara itu Kabid Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nur Seno menambahkan, hingga saat ini setidaknya seribu rumah rusak akibat terjangan angin kencang. Sedikitnya ada 1.367 rumah mengalami rusak ringan, ditambah 191 rumah rusak sedang dan 53 unit mengalami rusak berat.

Satriyo mengatakan dalam kurun waktu 1-14 November, seluruh rumah rusak tersebar di sebelas kabupaten dan satu kota di Jatim pun terdampak. Yakni di Tulungagung, Lumajang, Jember, Madiun, Ngawi, Bojonegoro, Magetan, Jombang, Lamongan, Mojokerto, dan Situobondo. Serta satu kota yakni Batu.

"Ada juga dua sekolah dan satu kantor pemerintah rusak ringan. Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati," pungkasnya. (mus/rud)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia