Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Kebut Proyek Alun-Alun Suroboyo, Bulan Depan Siap Dinikmati

13 November 2019, 13: 44: 04 WIB | editor : Wijayanto

MASIH PROSES: Proyek pengerjaan Alun-Alun Suroboyo di Jalan Yos Sudarso, Surabaya.

MASIH PROSES: Proyek pengerjaan Alun-Alun Suroboyo di Jalan Yos Sudarso, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tengah membangun Alun-Alun Suroboyo di Jalan Yos Sudarso. Gara-gara pembangunan alun-alun itu, Jalan Yos Sudarso ditutup total sejak 1 September lalu.

Penutupan jalan raya strategis di tengah Kota Pahlawan itu direncanakan berlangsung selama enam bulan. Dengan begitu, pengerjaan proyek Alun-Alun Suroboyo itu diharapkan bisa selesai sesuai dengan jadwal.

Kepala Bidang Pembangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya Iman Krestian mengatakan bahwa pembangunan Alun-Alun Suroboyo saat ini baru mencapai 25 persen hingga 30 persen. Fokusnya penyelesaian di badan jalan. Targetnya, bulan Desember 2019 sudah bisa dilalui warga dengan berjalan kaki. 

"Jadi, akhir tahun sudah bisa digunakan warga untuk menikmati Tahun Baru. Tapi hanya bisa dilalui dengan jalan kaki," kata Iman saat ditemui Radar Surabaya di ruang kerjanya, Selasa (12/11).

Iman mengatakan, saat ini pengerjaan proyek unggulan pemkot itu masih kolom-kolom bagian atas dengan konsep pengeboran. Pengerjaannya top down alias dari atas ke bawah. "Nah, nanti bagian bawah akan dikeruk. Kita selesaikan atap basement dulu, baru kita gali dalamnya," terang Iman.

Dia menambahkan, nantinya di Jalan Yos Sudarso akan digunakan untuk keluarnya kendaraan. Karena itu, bakal dibuat semacam lubang untuk jalan keluar kendaraan-kendaraan di Jalan Yos Sudarso.

Meski bulan depan Jalan Yos Sudarso sudah bisa dilalui oleh pejalan kaki, Iman menegaskan bahwa kendaraan-kendaraan roda dua atau roda empat belum bisa melintas. Ini karena struktur beton membutuhkan kematangan. "Kalau dilalui kendaraan sangat riskan," ucapnya.

Saat ini pengerjaan alun-alun tidak lagi mengalami hambatan seperti pada tahap awal yang harus memindahkan pipa PDAM dan utilitas lainnya. "Tidak ada kendala lagi seperti di awal. Mudah-mudahan bisa selesai sesuai rencana," katanya.

Alun-Alun Suroboyo yang luasnya 1,4 hektare bisa menampung ratusan orang, termasuk basement parkir. Aktivitas kesenian dan kebudayaan yang biasa digelar di Balai Pemuda juga bisa dilakukan di Alun-Alun Suroboya. Pemkot Surabaya menganggarkan Rp 80 miliar untuk membangun ikon baru di Kota Pahlawan tersebut. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia