Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

BP Jamsostek Gresik Gelar Pelatihan Vokasi bareng Disnaker

12 November 2019, 08: 25: 48 WIB | editor : Wijayanto

PERDANA:  Mananjemen BPJamsostek berfoto bersama peserta vokasi usai pelatihan.

PERDANA: Mananjemen BPJamsostek berfoto bersama peserta vokasi usai pelatihan. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gresik menggelar pelatihan vokasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gresik.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gresik Ibu Ninik Asrukin, Asisten Deputi Direktur Wilayah Bidang Pelayanan BP Jamsostek Jawa Timur Bapak Gigih Mulyo Utomo, Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Gresik Bapak Ahmad Fauzie Usman, dan Kepala BKWS Bapak Abdul Bari Amin.

“Terimakasih kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gresik beserta PT. Alkon Trainindo Utama dan PT. Bhakti Karya Widya yang telah mendukung terciptanya program vokasi ini. Saya harap dengan adanya program vokasi ini dapat mengurangi jumlah pengangguran dikarenakan calon pekerja sudah mempunyai skill yang mumpuni di bidang yang dituju,” kata  Ahmad Fauzie Usman, Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Gresik.

Dikatakan, pelatihan vokasi adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan potensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jejaring dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. 

“Program vokasi yang dilaunching itu membuka kelas pertama yaitu pelatihan operator forklift yang diikuti 15 orang dari berbagai macam daerah di Jawa Timur,” jelasnya.

Selain pelatihan operator forklift, ada program vokasi lain yang dicanangkan oleh BP Jamsostek Kantor Cabang Gresik yang bekerja sama dengan PT. Alkon Trainindo Utama, yaitu pelatihan Keterampilan Administrasi dan Sistem Kearsipan, pelatihan Manajemen Sediaan dan Pergudangan, dan pelatihan Sistem Manajemen K3 Kontraktor serta PT. Bhakti Karya Widya Sentosa dengan pelatihan operator forklift dan pelatihan las listrik.

Dipaparkan, persyaratan untuk peserta vokasi sangat mudah. Di antaranya warga Negara Indonesia, peserta penerima upah dengan NIK Valid, diutamakan ikut program JHT dan lain-lain.

“Saya sangat mengapresiasi BP Jamsostek Kantor Cabang Gresik sebagai pelopor program vokasi di wilayah Jawa Timur, saya harap program vokasi ini dapat menambah skill dari pekerja yang ingin melamar di tempat barunya dan perusahaan baru dapat menerima dengan baik,” tutur Ninik Asrukin, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gresik.

Asisten Deputi Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur Gigih Mulyo Utomo mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan diberikan amanah untuk menyelenggarakan pelatihan vokasi bagi peserta yang mengalami PHK sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 186/PMK.02/2018.

Pelatihan vokasi yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019 ini merupakan program piloting, Di wilayah Jawa Timur baru ditunjuk 4 kantor cabang untuk menyelenggarakan program vokasi. Di antaranya, Kantor Cabang Gresik, Kantor Cabang Surabaya Darmo, Kantor Cabang Pasuruan dan Kantor Cabang Malang. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia